22 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Ingin Dapatkan Asuransi Mobil Terbaik, Kenali Dulu Fungsi dan Manfaatnya

6 min read

JAMBIDAILY EKONOMI – Memiliki kendaraan roda empat butuh biaya perawatan rutin dan perlindungan ekstra. Salah satu cara terbaik untuk melindungi aset berharga ini adalah dengan asuransi mobil.

Asuransi mobil memberikan perlindungan untuk kendaraan dari berbagai risiko. Produk proteksi ini juga bisa memberi perlindungan bagi diri sendiri dan penumpang lain yang berada di dalam kabin.

Memiliki asuransi mobil berarti Anda melindungi kendaraan dari berbagai risiko seperti kecelakaan, pencurian, bencana alam, dan kerusakan lainnya. Dengan asuransi mobil, Anda dapat merasa lebih tenang karena kendaraan terlindungi dari kerugian finansial yang besar akibat kejadian tak terduga.

Untuk memperoleh produk proteksi ini, Anda bisa memilih asuransi Roojai yang telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Buat memaksimalkan manfaat terbaiknya, mari pahami fungsi asuransi mobil hingga jenis-jenisnya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Mengenal Fungsi Polis Asuransi Mobil

Polis asuransi mobil berfungsi sebagai kontrak antara pemegang polis (nasabah) dengan perusahaan asuransi. Polis ini menetapkan syarat dan ketentuan yang mengatur hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Untuk itu, mari ketahui lebih detail fungsi polis asuransi mobil untuk kedua belah pihak.

Fungsi polis untuk nasabah pengguna asuransi (Tertanggung)

Bagi nasabah atau tertanggung, polis asuransi mobil berfungsi sebagai jaminan bahwa perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi jika terjadi kerugian sesuai dengan yang tertera dalam polis.

Polis ini memberikan rasa aman dan perlindungan finansial bagi pemilik kendaraan. Dengan adanya polis, nasabah dapat mengajukan klaim dan mendapatkan kompensasi sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Fungsi polis untuk perusahaan asuransi (Penanggung)

Bagi perusahaan asuransi atau penanggung, polis asuransi mobil berfungsi sebagai dasar hukum untuk memberikan perlindungan dan menanggung risiko yang telah disepakati.

Polis ini juga membantu perusahaan dalam mengelola dan memitigasi risiko yang mungkin terjadi.

Dengan adanya polis, perusahaan asuransi dapat memastikan bahwa klaim yang diajukan oleh nasabah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Di Indonesia, terdapat dua jenis asuransi mobil terbaik yang umum dipasarkan yaitu asuransi mobil All Risk dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Asuransi mobil All Risk

Asuransi mobil All Risk menjadi jenis proteksi kendaraan yang paling banyak dipilih karena sifatnya komprehensif. Produk perlindungan kendaraan ini mencakup berbagai jenis kerusakan, baik besar maupun kecil, hingga yang mungkin terjadi pada kendaraan.

Cakupan manfaat proteksi ini juga memberi ganti rugi kerusakan akibat kecelakaan, bencana alam, pencurian, dan tindakan vandalisme. Memiliki asuransi All Risk, maka Anda dapat merasa tenang karena semua risiko yang mungkin terjadi telah ditanggung.

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Manfaat perlindungan yang ditawarkan asuransi TLO hanya jika kendaraan mengalami kerusakan total atau hilang. Produk proteksi ini akan menanggung biaya perbaikan jika kerusakan terjadi adalah 75% dari nilai kendaraan yang dimiliki.

Tips Membeli Asuransi Mobil All Risk

Ketika Anda ingin melindungi mobil  dengan asuransi, memilih jenis asuransi yang tepat adalah langkah penting. Asuransi mobil All Risk menjadi pilihan yang populer karena memberikan perlindungan menyeluruh.

Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli asuransi mobil All Risk.

Besaran harga premi

Memilih asuransi mobil All Risk tentu harus mempertimbangkan harga premi yang akan Anda bayar setiap bulannya. Harga premi ini bisa berbeda-beda tergantung dari berbagai faktor seperti jenis mobil, usia mobil, serta lokasi tempat tinggal Anda.

Selain itu, perusahaan asuransi juga sering kali menawarkan berbagai paket premi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Jangan terburu-buru memilih premi yang paling murah, karena harga yang terlalu murah mungkin tidak memberikan perlindungan yang memadai. Lakukan perbandingan dari beberapa perusahaan asuransi untuk mendapatkan harga terbaik dengan manfaat yang optimal.

Reputasi perusahaan asuransi

Reputasi perusahaan asuransi merupakan salah satu faktor krusial lainnya yang harus Anda perhatikan. Perusahaan dengan reputasi baik biasanya memberikan layanan lebih baik dan dapat diandalkan.

Anda bisa mencari informasi mengenai reputasi perusahaan asuransi melalui ulasan di internet, forum diskusi, atau rekomendasi dari teman dan keluarga.

Pastikan perusahaan tersebut terdaftar di OJK agar Anda mendapatkan jaminan bahwa perusahaan tersebut beroperasi secara legal dan diawasi oleh pemerintah. Perusahaan yang sudah lama beroperasi dan memiliki banyak nasabah juga biasanya lebih terpercaya.

Syarat dan ketentuan polis asuransi

Polis asuransi memberikan syarat dan ketentuan berbeda-beda. Karena itu, penting bagi Anda membaca dengan seksama setiap detail yang tertera dalam polis.

Pastikan Anda memahami cakupan manfaat yang ditawarkan oleh asuransi tersebut dan apa saja yang tidak ditanggung. Beberapa perusahaan asuransi mungkin memiliki syarat khusus seperti deductible atau klaim minimum yang harus Anda bayarkan sebelum asuransi mulai berlaku.

Jangan ragu bertanya kepada agen asuransi jika ada bagian dari polis yang tidak Anda pahami. Memahami syarat dan ketentuan polis dengan baik akan membantu Anda menghindari kekecewaan di kemudian hari.

Kemudahan proses klaim asuransi

Proses klaim asuransi yang mudah turut menjadi hal penting lainnya untuk dipertimbangkan. Perusahaan asuransi yang baik biasanya memiliki proses klaim yang cepat dan tidak berbelit-belit.

Anda bisa mencari informasi mengenai pengalaman nasabah lain dalam melakukan klaim melalui ulasan di internet atau bertanya langsung kepada agen asuransi.

Perhatikan juga apakah perusahaan asuransi tersebut memiliki layanan pelanggan yang responsif dan siap membantu Anda kapan saja. Pilihlah perusahaan asuransi yang memberikan kemudahan dalam proses klaim agar Anda tidak kesulitan saat membutuhkan bantuan.

Memiliki jangkauan yang luas

Jangkauan perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi juga harus menjadi pertimbangan Anda. Asuransi mobil All Risk yang baik seharusnya memberikan perlindungan yang luas, termasuk kerusakan akibat kecelakaan, bencana alam, hingga pencurian.

Beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan perlindungan tambahan seperti layanan derek gratis, penggantian mobil sementara, atau perlindungan terhadap kerusakan pihak ketiga.

Pastikan Anda memilih asuransi yang memberikan jangkauan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan. Perlindungan yang luas akan memberikan rasa tenang dan aman saat berkendara.

Beli Asuransi Mobil Terbaik di Roojai

Jika Anda mencari perusahaan asuransi yang dapat memenuhi semua tips di atas, Roojai adalah pilihan yang tepat. Sebagai perusahaan asuransi yang terdaftar resmi di OJK, Anda tidak perlu khawatir mengenai legalitas dan keamanan layanan yang mereka tawarkan.

Selain itu, Roojai juga telah berpengalaman sebagai insurtech ternama di Thailand, sehingga menunjukkan kredibilitas dan kepercayaan dari banyak nasabah.

Harga polis di Roojai sangat terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabahnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya yang membengkak karena Roojai menawarkan berbagai paket premi yang fleksibel.

Calon nasabah juga dapat membeli polis kapan saja dengan mudah melalui aplikasinya yang mudah digunakan. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengatur dan mengelola polis asuransi dengan praktis, tanpa harus repot-repot datang ke kantor.

Dengan reputasi yang baik, kemudahan dalam proses klaim, dan jangkauan perlindungan yang luas, Roojai menjadi pilihan yang tepat untuk asuransi mobil All Risk. Jangan ragu untuk melindungi mobil kesayanga di Roojai dan nikmati berkendara dengan tenang dan aman. (*/)

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

78 + = 84