22 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Audiensi Strategis Pimpinan Perguruan Tinggi Palembang Dengan Pangdam II/Sriwijaya untuk Jalin Kerjasama Multi Bidang

2 min read

Palembang – Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI M. Naudi Nurdika, menerima kunjungan dari pimpinan tiga perguruan tinggi di Palembang, yaitu Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya, Rektor Universitas Bina Darma Palembang, dan Rektor Universitas Kader Bangsa Palembang.

Pertemuan ini bertempat di Ruang Gatot Subroto, Makodam II/Sriwijaya, dimana para pihak berkumpul untuk membahas kerjasama yang dapat dijalin antara dunia akademik dan TNI, Pada hari Rabu, 3 Juli 2024.

Kolonel Inf Drs. Paiman, sebagai Kepala Penerangan Kodam II/Sriwijaya, mengungkapkan bahwa audiensi ini tidak hanya untuk mempererat hubungan dan komunikasi antara civitas akademika dan Kodam II/Sriwijaya, tetapi juga untuk merumuskan berbagai rencana kerjasama yang mencakup berbagai bidang strategis.

Beberapa di antaranya adalah Pendidikan Dasar Kedisiplinan (Diksarlin), Bela Negara, Kesehatan, sosialisasi tata cara menjadi prajurit TNI, serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, para pimpinan perguruan tinggi juga menyampaikan harapan agar Pangdam II/Sriwijaya dapat memberikan kuliah umum tentang Wawasan Kebangsaan kepada mahasiswa dan civitas akademika.

Pangdam II/Sriwijaya, pada kesempatan ini, menjelaskan secara rinci tugas pokok TNI sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004, yang mencakup tugas dalam operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP).

Pangdam II/Sriwijaya juga menyambut baik rencana kerjasama yang diajukan oleh Politeknik Negeri Sriwijaya, Universitas Bina Darma Palembang, dan Universitas Kader Bangsa Palembang.

Ke depan kita sangat memungkinkan untuk melakukan kerjasama, terkait MoU, peluangnya banyak, di bidang kesehatan ada Kesdam II/Swj dan Rumah Sakit AK. Gani Palembang, di bidang hukum kita ada satuan Kumdam II/Swj yang bisa memberikan penyuluhan sadar hukum, ada Bintal, Sejarah, Jasmani, Peralatan, termasuk pemberian materi Bela Negara, Diksarlin dan bidang lainnya untuk dikerjasamakan.

“Intinya kita siap untuk menjalin kerjasama dalam berbagai bidang, termasuk kesehatan, hukum, dan pendidikan,” kata Pangdam II/Sriwijaya.

Acara berlangsung dengan penuh kehangatan, ditandai dengan pertukaran plakat sebagai simbol persahabatan, serta sesi foto bersama untuk mengabadikan momen penting ini. Hadir dalam pertemuan tersebut adalah perwakilan dari masing-masing perguruan tinggi dan staf Pangdam II/Sriwijaya.

Rangkaian kegiatan audiensi strategis antara Pangdam II/Sriwijaya dengan pimpinan perguruan tinggi Palembang, diharapkan dapat memperkuat sinergi antara dunia pendidikan tinggi dan pertahanan negara dalam mendukung pembangunan nasional. **/(Pendam II/Swj)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 64 = 72