22 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Danrem 042/Gapu Tinjau Lahan Ketahanan Pangan Terpadu di Sarolangun

2 min read

Sarolangun – Komandan Korem 042/Gapu, Brigjen TNI Rachmad, S.I.P, melaksanakan kunjungan kerja ke Kompi Senapan A Yonif Raider 142/KJ di Desa Bukit, Kecamatan Pelawan, Kabupaten Sarolangun, Jambi pada Jumat (05/07/2024). Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau pengolahan lahan ketahanan pangan terpadu yang dikelola oleh Kodim 0420/Sarko.

Didampingi oleh sejumlah perwira stafnya termasuk Kasrem Kolonel Inf Eddy Basuki, Kasi Intel Kolonel Inf M. Imasfy, Kasiops Kolonel Inf Ibnu Suharmanto, Kasilog Kolonel Cpl. Ahad Rasli dan Kapten Czi Tendri dari Denzibang 3/II Jambi, Danrem 042/Gapu pertama-tama melakukan Sholat Jumat bersama masyarakat di Masjid Istiqomah, Desa Bukit. Selama kunjungan ini, Danrem juga memberikan sumbangan infaq kepada pengurus masjid.

Setelah Sholat Jumat, rombongan melanjutkan kunjungan ke lahan ketahanan pangan terpadu di komplek Kompi Senapan A Yonif Raider 142/KJ. Di sana, mereka melakukan peninjauan langsung terhadap perkembangan pengolahan lahan, yang mencakup tanaman hultikultura seperti ubi kayu seluas 6,5 hektar, serta peternakan kambing, ayam, dan perikanan. Total lahan yang tersedia mencapai sekitar 100 hektar, dengan 10 hektar telah aktif dikelola.

Danrem 042/Gapu menegaskan bahwa program pengelolaan lahan ketahanan pangan terpadu ini telah dimulai sekitar tiga bulan lalu, sebagai respons terhadap instruksi dari Kasad untuk mendukung program ketahanan pangan pemerintah. Beliau juga merencanakan pembentukan satuan khusus yang fokus pada sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan guna meningkatkan kapasitas lokal di bidang-bidang tersebut.

Selain itu, Danrem juga mengakui potensi strategis lokasi tersebut untuk pengembangan pertanian dan perkebunan, dengan menyebut keberadaan tanaman seperti cabe dan singkong. Pemanfaatan lahan yang tepat diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan produksi pertanian, pengembangan peternakan, dan sektor perikanan, yang semuanya dapat dimaksimalkan dengan adanya jalur sungai yang mendukung kegiatan perikanan.

Kunjungan kerja Danrem 042/Gapu ini menggarisbawahi pentingnya optimalisasi lahan yang belum termanfaatkan untuk mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan taraf hidup di wilayah tersebut.**/

Sumber : Penrem 042/Gapu

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

80 − 73 =