3 Oktober 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

SMANDA TANJAB TIMUR, Boyong Piala Bergilir Festival Tari Lah Puar Jelupung Tumbuh Ke-11 Tahun 2023 di TBJ

3 min read

Penyerahan Piala Bergilir Oleh Iin Kurniasih Sudirman, SE/Foto: Wildan

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Festival tari Lah Puar Jelupung Tumbuh Ke-11 tahun 2023 di Taman Budaya Jambi (TBJ), 21-22 Oktober 2023 telah usai dan sukses digelar.

Festival yang berlangsung di Gedung Teater Arena Taman Budaya Jambi, diikuti 21 Komunitas, menariknya satu peserta berasal dari Provinsi Bengkulu.

“Ada 21 Komunitas yang telah terdaftar dari kota Jambi dan kabupaten di Provinsi Jambi, yang akan bertanding Festival Tari ‘Lah Puar Jelupung Tumbuh’ ke-11. Dan satu peserta berasal dari provinsi Bengkulu,” Ungkap Ristira Argawani, kepada jambidaily.com (Jum’at, 20/10/2023) di ruang Tari Taman Budaya Jambi.

Peserta Festival Tari ‘Lah Puar Jelupung Tumbuh’ memperebutkan hadiah uang tunai jutaan rupiah dan Piala Bergilir Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi.

Hadiah utama: Piala Bergilir Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi

Kategori I :
• Unggulan I : Tropy + Piagam + Uang Produksi
• Unggulan II : Tropy + Piagam + Uang Produksi
• Unggulan III : Tropy + Piagam + Uang Produksi

Kategori II :
• Unggulan I : Tropy + Piagam + Uang Produksi
• Unggulan II : Tropy + Piagam + Uang Produksi
• Unggulan III : Tropy + Piagam + Uang Produksi

(Kepala Dinas Budpar Provinsi Jambi/Foto: Wildan)

Eri Argawan penggagas Lah Puar Jelupung Tumbuh yang notabene saat ini juga kepala Taman Budaya Jambi, menuturkan bahwa dalam bingkai Festival tari Lah Puar Jelupung Tumbuh dapat Membantu mengembangkan potensi putra-putri daerah
Jambi.

“Tentunya Sebagai bentuk penyaluran bakat khusunya dibidang seni Tari khususnya serta Musik dan Teater umumnya. Lalu Melatih dan membimbing para generasi muda untuk mengangkat, memelihara dan melestarikan seni budaya Jambi. Menciptakan ruang kreatif melalui festival tari dan memunculkan generasi yang mampu berkompetisi secara sportif,” Tutur Eri Argawan.

Berikut Para Juara Festival Tari Lah Puar Jelupung Tumbuh Ke-11 Tahun 2023

Kategori anak-anak
Terbaik 1 Sanggar ONEZEREIGHT JR, dengan nilai 960
Terbaik 2 Sanggar FIVE QYEEN ZANAZ, dengan nilai 840
Terbaik 3 Sanggar GENDANG MELAYU, dengan nilai 800
Juara Favorit Sanggar PINANG MASAK, dengan nilai 780

Kategori remaja
Terbaik 1 Sanggar SMANDA TANJABTIM, dengan nilai 1.050
Terbaik 2 Sanggar ABIYAN TARINA, dengan nilai 950
Terbaik 3 Sanggar PRADANA DANCER, dengan nilai 920
Juara Favorit Sanggar SMA 6 MUARA JAMBI, 880

Dari hasil tersebut, maka Sanggar SMANDA asal kabupaten Tanjungjabung Timur yang mendapatkan nilai tertinggi dinobatkan sebagai juara umum dan berhak membawa pulang Hadiah utama berupa Piala Bergilir Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi.

Pada seremonial penutupan Festival Tari Lah Puar Jelupung Tumbuh Ke-11, turut dihadiri Oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata provinsi Jambi, Imron Rosyadi, Istri Sekda provinsi Jambi atau Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi, Iin Kurniasih Sudirman, SE, perwakilan komunitas, seniman, budayawan dan para tamu undangan lainnya.

Festival Tari Lah Puar Jelupung Tumbuh Ke-11, diikuti oleh anak-anak dan remaja yang mempunyai bakat atau kemampuan dalam bidang tari, dan didukung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Jambi melalui Taman Budaya Jambi, serta SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd. (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 16 = 26