21 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Peringati Hari Krida Pertanian 2023, Al Haris Mengajak Untuk Manfaatkan Lahan Tidur

2 min read

Al Haris Bersama Kepala Daerah dan Petani Jambi Peringati Hari Krida Pertanian 2023. Foto: Riky Serampas/Pariwarajambi

JAMBIDAILY KOTA JAMBI – Gubernur Jambi, Al Haris bersama para kepala daerah Bupati/Walikota dan ribuan petani Jambi hadiri acara puncak hari Krida pertanian tingkat Provinsi Jambi 2023.

dilansir pariwarajambi.com, Peringatan hari Krida pertanian ke-51 tahun 2023 yang juga dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hesnidar Haris ini berlangsung di kawasan Danau Sipin Kota Jambi, Kamis (16/11/2023).

Para Kepala Daerah yang hadir yakni Pj Walikota Jambi, Pj Bupati Sarolangun, Pj Bupati Merangin, Pj Bupati Kerinci, Pj Bupati Muaro Jambi, Walikota Sungaipenuh, Wakil Bupati Batanghari, dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan sektor pertanian merupakan penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi, oleh sebab itu selaras dengan tema hari Krida pertanian 2023 yakni wujudkan pertanian millenial berbasis teknologi, Al Haris berharap petani bergerak menggunakan teknologi modern untuk meningkatkan produksi pertanian.

“Potensi pertanian Jambi luar biasa, potensi Jambi lengkap di kawasan barat dengan pertanian dan timur dengan lautan, ini bagaimana lagi kita bekerja dengan baik,” kata Al Haris.

Pada moment itu, Al Haris juga mengajak kepada daerah untuk menggerakkan masyarakat di daerahnya memanfaatkan lahan tidur untuk lahan pertanian yang produktif.

“Kita juga punya daerah masih luas, masih ada lahan tidur, kalau rakyat biasa membiasakan lahan tidur juga membiarkan uang tidur, melalui momen ini kita bangkit, kita kelola lahan menjadi lahan produktif,” ujarnya.

Al Haris juga mendorong pemerintah daerah melalui dinas pertanian dan ketahanan pangan membuat kegiatan yang menyentuh masyarakat.

“Momen ini semangat baru bagi kita semua, kita mendorong itu semua kepada daerah bikin kegiatan yang menyentuh masyarakat. Beri bantuan yang cepat mengendalikan inflasi, cabe, bawang, dan lainnya,” sebutnya.

Sementara itu, Pj Walikota Jambi Sri Purwaningsih mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jambi Al Haris yang terlah menunjuk Kota Jambi sebagai tuan rumah pelaksanaan hari Krida Pertanian tingkat Provinsi Jambi 2023.

“Terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pak Gubernur Jambi karena sudah menunjuk dan mempercayai Kota Jambi menjadi tuan rumah hari Krida pertanian 2023,” kata Sri Purwaningsih.

Hari Krida Pertanian 2023 ini berlangsung tanggal 14 sampai 16 November 2023. Kegiatan ini diikuti para petani dari berbagai Kabupaten/Kota di Jambi dan turut berpartisipasi dalam berbagai perlombaan.(*/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

30 + = 35