18 Oktober 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Rapat Final Festival Keris Siginjai, Kolaborasi Maksimal Pemkot Jambi dan TNI-Polri

3 min read

JAMBIDAILY SENI – Tim kerja Bersama Pemerintah kota (Pemkot) Jambi, OPD terkait dan TNI-Polri Gelar rapat final persiapan jelang Festival Keris Siginjai yang akan berlangsung 1 s.d 3 Agustus 2024.

Rapat (Senin,29/07/202) ini merupakan bukti tim kerja bersama Pemerintah kota Jambi, OPD terkait dan TNI-Polri berkolaborasi maksimal sukseskan Festival Keris Siginjai yang merupakan rangkaian Kenduri Swarabhumi tahun 2024 di kota Jambi.

“Hari ini kami rapat final persiapan, saya berterima kasih, atas dukungan dari Pemkot Jambi dan seluruh Instansi terkait. Ini gairah yang luar biasa kami tim kerja festival keris siginjai, apalah artinya sebuah peristiwa seni dan budaya, jika tanpa dukungan semua pihak,” Ungkap Hendry Nursal, Direktur festival keris siginjai, seusai rapat.

Hendry Nursal turut membeberkan tingkat persiapan, menjelang digelarnya festival keris siginjai yang berpusat di halaman Graha Siginjai.

“Persiapan untuk materi acara sudah rampung, tinggal finishing. Kalau untuk materi lain, lomba sudah kami laksanakan tanggal 27 Juli, dipamerkan lalu diumumkan pemenang pada 3 Agustus di malam puncak. Wisata sejarah sudah dipersiapkan dan akan dibantu nanti oleh BPK Wilayah V dalam hal memberikan edukasi Candi Solok Sipin. UMKM sedang dalam seleksi,” Beber Hendry Nursal, yang turut didampingi Didin Siroz selaku Kurator.

Festival Keris Siginjai menghadirkan pergelaran pembuka “Keris Siginjai”, Wisata Sejarah Bersama pelajar, Lomba Desain Motif Batik Solok Sipin, Fashion Show Batik rancangan Desainer Muda Jambi, Festival Tugu Keris Siginjai, Pameran karya Batik dan Bazaar UMKM, lalu di malam puncak pergelaran “Telusur Jejak Leluhur”

Dipimpin oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi, Mariani Yanti dalam rapat dia apresiasi dukungan dari berbagai pihak dan menekankan kolaborasi serta sinergitas dari seluruh Instansi terkait dan TNI-Polri.

“Kami berterima kasih untuk dukungan yang diberikan dari berbagai OPD terkait, dan kepada pihak TNI-Polri dan penting kita semua yang terlibat menjaga kolaborasi serta sinergitas sukseskan festival keris siginjai,” Ujarnya saat memimpin rapat, didamping Maha Pradana selaku kabid Kebudayaan Disparbud kota Jambi.

Perwakilan Dinas pemadaman kebakaran dan penyelamatan (Damkartan) kota Jambi, serta Satuan Polisi pamong praja seirama akan sukseskan festival keris siginjai.

“Kami dari satpol PP tentunya akan terus berkoordinasi, mengingat Kawasan ini adalah asset pemerintah, sudah menjadi kewajiban dan tugas kami menjaganya. Sebab akan banyak masyarakat yang hadir,” Tutur Fajri.

“Kami siap sukseskan, Damkartan juga menyambut baik adanya ketentuan bagi peserta Bazaar UMKM agar tidak mengguakan kompor, artinya tidak ada api. Itu baik mengingat resiko dan rentan dengan kondisi cuaca panas,” Tegas Budi.

Termasuk dinas Kesehatan, yang siap terlibat dalam rangkaian festival keris siginjai, sebagai antisipasi jika berada dalam kondisi butuh penanganan medis, juga Dinas Perhubungan membantu pengaturan lalu lintas kendaraan.

Sementara itu, hadir juga dari unsur TNI-Polri. Perwakilan dari Kodim 0415/Jambi menegaskan siap sukseskan gelaran tersebut.

Kompol Army Sevtiansyah, S.Kom, MH Kabag Ops Polresta Jambi menekankan rencana yang harus benar-benar tergambarkan agar dapat maksimal mengamankan kegiatan hingga berjalan sukses.

“Skema itu penting, maka saya membutuhkan materi seperti susunan acara, gambaran lokasi hingga titik parkir. Kita melangsungkan kegiatan di akhir pekan, tentunya begitu banyak warga berada di lokasi Tugu Keris. Maka perlu skema terinci agar dapat mengurai penumpukan kendaraan atau macet. Intinya kami dari kepolisian siap mengamankan dan mensukseskan festival keris siginjai,” Tutur Kompol Army Sevtiansyah. (*/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

37 − 32 =