Sat. Sep 19th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Apa itu COVID-19, Bagaimana Cara Mencegahnya? Kamu Harus Tau!!

3 min read

Sherli Vellya

JAMBIDAILY ARTIKEL – Outbreak Covid 19 sudah dideklarasikan sebagai Darurat Kesehatan Masyarakat secara Global (Global Public Health Emergency) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 30 januari 2020. Coronavirus adalah jenis virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Ada setidaknya dua jenis coronavirus yang diketahui dapat menyebabkan penyakit dengan gejala berat seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Coronavirus Disease 2019 (COVID 19) adalah penyakit jenis baru yang belum pernah diidentifikasikan sebelumnya pada manusia.

Apa-apa saja tanda-tandanya??
Gejalanya demam >380C, batuk, sesak napas yang membutuhkan perawatan di RS. Gejala ini diperberat jika penderita adalah usia lanjut dan mempunyai penyakit penyerta lainnya, seperti penyakit paru obstruktif menahun atau penyakit jantung .

Himbauan untuk warga seperti apa?
Agar tidak panik dan tetap waspada.
Bila melakukan perjalanan ke Luar Kota:

  • Menerapkan PHBS dengan sering mencuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih tangan mengandung alkohol.
  • Selalu memakai masker.
  • Menghindari kontak dengan hewan, pasar hewan dan agar tidak mengonsumsi daging mentah atau daging hewan liar
  • Menghindari kontak dengan orang sakit.
  • Jika mengalami gejala2 demam dan gangguan pernapasan, menghindari keluar rumah kecuali untuk berobat, segera berobat, gunakan masker dan menerapkan etika bersin/batuk.
  • Bila gejalanya muncul saat sudah kembali ke tanah air, agar segera berobat dan menyampaikan riwayat perjalanannya kepada dokter.
  • Bila ingin berpergian minimal 3 orang dalam 1 mobil atau melakukan PSBB.

Perkembangan penyebaran COVID 19 sampai saat ini.
DETIK NEWS – Pasien positif Corona (COVID 19) di Jambi kembali bertambah 3 setelah dua hari dinyatakan nihil kasus positif. 3 tambahan kasus baru itu menjadikan jumlah pasien positif corona di Jambi menjadi 69.
“Hari ini setelah adanya laporan dari pusat, Provinsi Jambi kembali bertambah kasus positif Corona sebanyak 3 orang. Pasien ini tercatat berada di Kabupaten Merangin Jambi”, kata Juru Bicara Penanganan COVID 19 Jambi, Johansyah, Jum’at (15/5/2020).

Tambahan pasien positif corona itu diketahui merupakan dari klaster pengajian dari Gowa dan Klaster Malaysia merupakan klaster terbanyak yang terinfeksi Corona di Jambi.

Dijelaskan Johansyah, ketiga pasien baru positif Corona tersebut adalah RI (16), YE (50), dan IR (50). Ketiganya merupakan laki-lakiwarga kabupaten Merangin, yang dirawat di Rumah Sakit Abunjani.
“Pasien 67 dan 69 positif Corona di Jambi merupakan klaster kontak Gowa, sedangkan pasien 68 memiliki riwayat perjalanan dari Malaysia”, kata Johansyah.

Namun, ada kabar baik dari perkembangan kasus virus Corona di Jambi. 3 pasien dinyatakan sembuh dari virus Corona.

Data terbaru berkembang kasus Corona di Jambi per tanggal 15 Mei 2020 jumlah pasien positif Corona terbanyak di Kabupaten Merangin Jambi dengan total 19 orang kemudian Kota Jambi 15 orang, Muaro Jambi 8 orang, Kota Sungai Penuh 8 orang, Kabupaten Tanjung Jabung Barat 5 orang, Kabupaten Batanghari 5 orang,Kabupaten Bungo 3 orang, Kabupaten Tebo 3 orang, Kabupaten Kerinci 1 orang dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur 1 orang.

Sementara orang dalam pemantauan (ODP) di Jambi kini berkurang menjadi 93 orang berkurang 19 orang, dan jumlah pasien dalam penanganan (PDP) mencapai 64 bertambah 9 orang. Untuk pasien masih menunggu hasil uji lab/swab tercatat 29 orang.

Bagaimana mengantisipasi penularan virus corona?

  • Direktorat Lalu-lintas Polda Jambi melaksanakan Kegiatan Patroli untuk memantau Pembatasan masuk ke Wilayah Kota Jambi.
  • Memeriksa setiap kendaraan yang akan memasuki Wilayah Kota Jambi.
  • Pemriksaan terhadap para penumpang maupun pengendara untuk di cek suhu tubuhnya.
  • Penyemprotan Cairan disenfektan untuk mengantisipasi sebelum kendaraan tersebut masuk ke Wilayah Kota Jambi.
  • Larangan untuk berkumpul dengan orang ramai dan tetap stay dirumah.

 

Ditulis Oleh
Nama: Sherli Vellya
Mahasiswa UIN STS Jambi
Jurusan Tadris Matematika/Semester 6

*Isi Artikel menjadi tanggung jawab penuh penulis, termasuk Sumber dan referensi yang dicantumkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *