19 April 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dandim Tanjab Sesalkan Masyarakat Masih Abai Terapkan Protokol Kesehatan

2 min read

Kuala Tungkal (JAMBIDAILY) – Kesadaran masyarakat Kabupaten Tanjab Barat untuk mematuhi protokol kesehatan masih perlu dipacu. Hal itu dikarenakan masih banyak yang mengabaikannya. Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, S.IP.

Menurutnya, hingga saat ini dirinya menilai masyarakat di Kabupaten Tanjab Barat, belum seluruhnya menerapkan protokol kesehatan Covid-19 khususnya penggunaan masker.

Padahal jika dilihat manfaatnya, penggunaan masker tersebut untuk kesehatan dan keselamatan masyarakat sendiri di tengah pandemi Covid-19 yang sedang menyerang Kabupaten Tanjab Barat.

“Tingkat kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker ini belum 100 persen. Di pasar, di restoran, di tempat keramaian lainnya itu masih banyak masyarakat kita yang tidak memakai masker,” sesalnya ketika dikonfirmasi awak media usai Apel Operasi Yustisi Optimalisasi Penggunaan Masker hari ke 17 diseputaran Kota Kuala Tungkal bersama Polres Tanjab Barat bertempat di Alun-alun Kota Kuala Tungkal, Rabu malam (30/9/2020)

Protokol kesehatan Covid-19 yang wajib dilaksanakan oleh masyarakat Kabupaten Tanjab Barat selain penerapan penggunaan masker, yakni jaga jarak atau physical distancing. Terkait hal ini masih banyak masyarakat nampaknya terlihat abai.

Hal itu pun terbukti ketika dilakukan operasi gabungan pengawas Covid-19 di tempat keramaian seperti pasar, cafe, warung kopi, warnet dan fasilitas publik lainnya masih saja tertangkap tangan masyarakat yang tidak menggunakan masker dan tidak menerapkan physical distancing.

Sementara itu, Dandim pun menyoroti para pelaku usaha, yang dianggap masih lalai dan abai menyediakan perlengkapan protokol kesehatan. Padahal hal itu merupakan kewajiban dari para pelaku usaha untuk turut serta menekan angka persebaran Covid-19 di Kabupaten Tanjab Barat.

“Contohnya di warung kopi dan warnet, masih banyak yang belum menerapkan agar di setiap kursi itu ditempati oleh dua orang, harus jaga jarak. Malam ini sudah kita lakukan upaya-upaya pendisiplinan, kita laksanakan penindakan,” terangnya.

Terpantau dilapangan, Operasi Yustisi Optimalisasi Penggunaan Masker hari ke 17 diseputaran Kota Kuala Tungkal bersama Kodim dan Polres Tanjab Barat, juga diikuti Tim dari satuan Subdenpom II/2-2 Tanjab, Sat Pol PP Tanjab Barat, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan.(*/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

39 − 36 =