Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Waduh, Ada ‘Kuburan’ di Simpangempat Talangbanjar Kota Jambi

2 min read

JAMBIDAILY EKONOMI – Kita mungkin akan terkejut mendengar adanya kuburan di persimpangan, tepatnya di simpangempat Talangbanjar Kota Jambi, itu bukanlah sesuatu yang lazim tentunya. Kuburan atau makam sudah selayaknya berada di tempat khusus pemakaman.

Juriq Kuburan, begitu nama tempat usaha dari pengrajin yang akan memenuhi kebutuhan pelanggannya untuk membuat Kijing. Kijing ialah penanda makam seseorang yang dibuat oleh keluarganya.

Menurut kamus besar bahasa Indoensia (Jakarta: Balai Pustaka,1998) kijing adalah batu penutup makam yang menyatu dengan batu nisannya (terbuat dari pualam, tegel atau semen).

Pemilik tempat tersebut bernama Juriq (46) menyebut telah menjalankan profesi sebagai pembuat kijing sejak tahun 1997, sebelumnya berlokasi di kawasan berbeda namun masih dalam kelurahan Talangbanjar, kecamatan Jambi Timur, kota Jambi.

“Saya sudah menekuni profesi ini sejak tahun 1997, berarti sekitar 24 tahun. Namun di lokasi sekarang sejak 2009,” Jelas ayah 3 anak tersebut kepada jambidaily.com (Sabtu, 16/01/2020).

Dalam cerita Juriq, Dia adalah perantauan yang berasal dari Kuningan provinsi Jawa Barat itu tetap bertahan walaupun di masa pandemi terpaan ekonomi dan daya beli turut berpengaruh “Alhamdulillah, untuk pesanan tidak mengalami perubahan yang berarti, kalau omset susah saya menghitungnya. Cuma kalau untuk jumlah pemesanan per bulan, cukuplah untuk makan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari,” Jawabnya sambil tertawa.

Bersama rekannya Nano (37), Juriq dapat melayani pemesanan dan langsung pasang selama masih mampu mereka jangkau “Harian ya saya bersama Nano juga anak saya, namun saat memasuki bulan Ramadhan saya menambah tenaga karena pemesanan akan lebih banyak,” Tutur lelaki ramah dan murah senyum ini.

“Kami Pernah melayani pemasangan ke kabupaten Bungo, terbanyak selain kota Jambi yaitu ke Kabupaten Tanjungjabung Timur. Tetapi kami tetap melihat kemampuan, jika dirasa mampu kami akan terima tentunya dengan ongkos tambahan,” Tambah Juriq.

BACA JUGA:  Akhir Tahun 2020 BBJ dan KBI Pecahkan Rekor Transaksi Ditengah Pandemi
(Juriq (46)/Foto: Hendry Noesae-Jambidaily.com)

Untuk biaya pembuatan kijing dan pemasangan, Juriq mematok harga Granit 3juta-an Keramik 1,8juta bagi dewasa dan Granit 1,2juta Keramik 500rb bagi anak-anak.

“Granit 3juta-an Keramik 1,8juta bagi dewasa dan Granit 1,2juta Keramik 500rb bagi anak-anak. Kalau permintaan yang aneh-aneh dari pelanggan itu banyak, karena adanya Google ya dari sana pelanggan melihat contoh-contoh,” Tandasnya.

Sementara itu Nano, menuturkan butuh waktu 2 hingga 3 hari pengerjaan kijing untuk ukuran dewasa jika cuaca dalam keadaan bersahabat. “Kalau pengerjaan berkisar 2 atau 3 hari selesai kalau ukuran dewasa, tetapi tergantung cuaca juga. Kalau kondisi hujan ya kami tidak bisa mengerjakannya,” Tukas Nano.

Lihat Penelusurannya disini:

(Hendry Noesae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *