Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Sosok Misterius, Paku Siregar Menuju ‘Istana’ #SamiunSiregar

2 min read

Foto: Ist

JAMBIDAILY POLITIK – Warga kota Jambi mulai dikejutkan dengan kehadiran sosok misterius, ya boleh dibilang nama yang masih sangat terasa asing didengar dalam kancah politik tetapi sudut-sudut kota Jambi kini mulai terlihat baleho-baleho besar menampilkan seorang lelaki yang akan menuju ‘Istana’

Istana ‘Tanah Pilih Pesako Betuah’ yaitu pucuk pimpinan sebagai Wali Kota Jambi pada tahun 2023, dia bernama H Samiun Siregar alias Paku Siregar. Tentunya merupakan wajah baru, selama ini bukan hal yang akrab tampil di muka publik.

Dia pria kelahiran 10 Agustus 1961, asal Sumatera Utara. Kesehariannya berprofesi sebagai pengusaha suami dari Hj Warda Sari Ritonga, dikarunia 5 Putra dan 1 Putri. Diusianya yang telah menginjak 60 tahun, dia juga memiliki 3 orang cucu.

Paku Siregar begitu nama yang dikenal tersebut terdiri dari 8 bersaudara mulai merantau ke kota Jambi tahun 1982, lantas kembali ke tanah kelahirannya 1984 menikahi Hj Warda Sari Ritonga lalu kembali lagi ke kota Jambi.

“Bapak itu pertama datang ke Jambi, tahun 1982 dia merantau kesini dan ikut-ikut orang. Orang ke pasar subuh dia ikut, dia lajang datang kesini dan sangat susah,” Ucap Paris siregar, salah satu anak Paku Siregar.

Lelaki kocak itu, pertama kedatangannya bekerja serabutan bahkan beraktivitas di Pasar Angso Duo demi memenuhi hidup singkat cerita takdir menghantarkannya menjadi seorang pengusaha, dia juga sempat terjun ke dunia politik, buktinya pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kota Padangsidempuan, provinsi Sumatera Utara periode 2009-2014.

“Bapak itu suka melawak, melucu, tapi kalau tegas dia tidak main-main dengan ketegasannya. Kalau sudah melawak kita bisa terpingkal-pingkal,” Cerita Paris Siregar, kepada jambidaily.com (Sabtu, 23/01/2021).

Empat anaknya bahkan juga berhasil menjabat sebagai anggota DPRD Kota Jambi bergantian dua periode. Pada periode pertama ia berhasil menaikkan anak kedua dan ketiganya sebagai anggota DPRD Kota Jambi yakni Pardomuan Siregar dan Paris Siregar periode 2014-2019.

BACA JUGA:  Simpatisan Digas Nyatakan Dukungan ke R2

Kemudian periode kedua, anak pertama dan keempatnya juga berhasil naik menjadi anggota DPRD Kota Jambi yaitu Martua Muda Siregar dan Maya Fitria Siregar pada periode 2019-2024.

Menariknya Maya Fitria Siregar anak keempat, selain sebagai anggota dewan dia masih dalam masa penyelesaian studinya di perguruan tinggi dan termasuk anak paku siregar yang ke-5 dan paling bungsu masih berkuliah sembari bekerja.

Paku Siregar suka bermain catur, rupanya tidak mengajarkan anaknya untuk hanya bermanja-manja, belum usai pendidikan di perguruan tinggi, sudah diarahkan untuk sambil bekerja atau terjun ke dunia politik.

Paris memberikan bocoran, sang bapak suka salah satu makanan khas di Sumatera Utara yaitu daun singkong tumbuk. Sosok misterius semakin kental melekat pada Paku Siregar karena penyuka warna hitam.

“Pesan bapak yang selalu kami pegang selaku anaknya ialah, jangan pernah berhenti atau lupa berbagi dengan sesama atau sedekah,” Ungkap Paris.

Pada kesempatan ini, Paris juga menegaskan Samiun Siregar bukan maju di gelanggang pemilihan sebagai Wakil namun Wali Kota Jambi “Bapak tidak sedang mengincar posisi wakil tetapi menuju nomor satu, menuju Wali Kota Jambi,” Pungkasnya.

(Hendry Noesae)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *