29/01/2023

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

CCTV Bandara Sultan Thaha Terkoneksi ke Kanwil Kemenkumham Jambi, untuk Mengawasi Pendatang Asing

2 min read

JAMBIDAILY HUKUM – CCTV (Kamera pengawas-red) di Bandara Sultan Thaha Jambi sudah terkoneksi dengan Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi, sehingga lalu lintas orang asing juga dapat dipantau, dan ini satu-satunya di Indonesia. Bandara Non Internasional yang terhubung dengan Kanwil Kemenkumham berkat kerja sama dengan PT Angkasa Pura II.

Hal tersebut disampaikan MHD Jahari Sitepu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jambi dalam rapat koordinasi (Rakor) tim pengawasan orang asing Provinsi Jambi atau Timpora dengan tema “Sinergitas Timpora Dalam Tatanan Kehidupan Baru” (Senin,15/02/2021).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh MHD Jahari Sitepu, yang juga sebagai penasehat dalam Timpora “kegiatan Rakor Timpora ini diselenggarakan sesuai dengan kebijakan yang berlaku dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian,” Ujarnya

“Dampak Virus Corona atau Covid-19 telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan ratusan korban jiwa, penyebaran penyakit Covid-19 juga terjadi di Indonesia sampai saat ini dan terus meluas menyusul bertambahnya jumlah kasus positif penyakit yang disebabkan virus ini,” Ungkapnya.

Menurutnya pengawasan orang asing diperlukan, juga partisipasi masyarakat untuk melaporkan orang asing yang diketahui atau diduga berada di Wilayah Indonesia secara tidak sengaja ataupun sengaja yang menularkan virus covid-19.

“Untuk meningkatkan peranan masyarakat dalam pengawasan orang asing perlu diupayakan partisipasi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung berkoordinasi yang baik dengan instansi terkait yang berkewenangan dan juga melibatkan Pemerintah Kabupaten/Kota,” Harapnya.

“Sebagaimana diketahui, CCTV di Bandara Sultan Thaha Jambi sudah terkoneksi dengan Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi, sehingga lalu lintas orang asing juga dapat dipantau, dan ini satu-satunya di Indonesia. Bandara Non Internasional yang terhubung dengan Kanwil Kemenkumham berkat kerja sama dengan PT Angkasa Pura II,” Jelas Jahari kepada intansi yang hadir.

BACA JUGA:  Wakil Bupati Hadiri Pisah Sambut Kapolda Jambi

Selanjutnya kegiatan rapat koordinasi ini dilanjutkan diskusi dan tanya jawab yang dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Morina Harahap yang juga sebagai ketua Timpora Provinsi Jambi.

“Semoga dalam pelaksanaan rapat ini diperoleh masukan-masukan yang dapat dijadikan sebagai dasar acuan untuk melaksanakan pengawasan orang asing secara terpadu dan berkesinambungan antar instansi terkait, sehingga diharapkan tidak terjadi lagi pelanggaran keimigrasian terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di Wilayah Provinsi Jambi,” Ujar Morina.

Kegiatan dihadiri oleh Anggota Timpora yaitu Gubernur Jambi diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan H. Apani Saharudin, Kepolisian Daerah Jambi, Kejaksaan Tinggi Jambi, Korem 042/GAPU, Kementerian Agama Provinsi Jambi, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jambi, Badan Intelejen Daerah Jambi, Badan Narkotika Nasional Provinsi Jambi,  Dinas Kesehatan Provinsi jambi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi.

Tampak juga hadir Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi, Bandar Udara Sultan Thaha Provinsi Jambi, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Provinsi Jambi, Pos TNI Angkatan Laut Provinsi Jambi, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kuala Tungkal dan Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kerinci. (ISR)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :