28 Maret 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

“Tumbang Perdana” KUD Manunggal Jaya Menandai Regenerasi Sawit di Merlung

2 min read

JAMBIDAILY EKONOMI-Pengalaman bermitra selama satu siklus penanaman kelapa sawit menjadi pertimbangan kuat bagi pengurus KUD Manunggal Jaya di Merlung, Jambi untuk melanjutkan kerja sama pengelolaan kelapa sawit bersama Asian Agri.

“Kami telah merasakan manfaat bermitra bersama Asian Agri melalui tanaman kelapa sawit generasi pertama. Kini, kami kembali melanjutkan kemitraan untuk tanaman generasi kedua. Harapan kami, produktivitas tanaman generasi kedua ini akan lebih baik dibanding sebelumnya,”ungkap Ketua KUD Manunggal Jaya, Muhtar.

Koperasi Unit Desa (KUD) Manunggal Jaya yang merupakan binaan PT Inti Indosawit Subur (Asian Agri), mewujudkan regenerasi sawit dengan melakukan tumbang perdana yang juga menandai peremajaan kebun sawit rakyat seluas 226,22 hektar pada 19 Februari 2021, yang dilaksanakan di Desa Adipurwa, Kecamatan Merlung Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Kegiatan tumbang perdana ini dihadiri oleh Kepala Desa Adipurwa, Bambang Purwanto, Ketua KUD Manunggal Jaya, H. Muhtar, perwakilan manajemen PT Inti Indosawit Subur (Asian Agri), Puji L.Sitompul, dan seluruh ketua Kelompok Tani di bawah naungan KUD Manunggal Jaya.

Program peremajaan kebun sawit atau replanting yang dilakukan petani mitra Asian Agri bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kebun kelapa sawit tanpa membuka lahan baru. Dengan menggunakan alat mekanik ekskavator, tumbang perdana menjadi awal bergantinya tanaman kelapa sawit yang sudah tidak produktif dengan tanaman kelapa sawit baru yang menggunakan bibit unggul Topaz.

Penggunaan bibit unggul dalam peremajaan kebun sawit adalah salah satu faktor utama yang dapat membantu mengoptimalkan produktivitas kebun sawit.

Kepala Desa Adipurwa, Bambang Purwanto menyatakan dukungan dan apresiasipemerintah setempat kepada para petani sawit, “Semoga kegiatan ini dapat dikawal bersama sehingga dapat berjalan dengan baik.”(***)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

43 − = 40