22/10/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kasal Beri Pembekalan Siswa Dikmata TNI AL di Puslatpur Purboyo

3 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. didampingi pejabat utama Mabesal dan Para Pangkotama TNI AL Wilayah Surabaya memberikan pembekalan kepada siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XL/2 Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal yang saat ini sedang melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Berganda di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Purboyo Kabupaten Malang, Senin, (8/3/2021).

Adapun pejabat Mabesal dan Pangkotama TNI AL Wilayah Surabaya yang turut dalam rombongan Kasal tersebut adalah Irjenal Laksda TNI Mulyanto, M.Si Han, Asrena Kasal Laksda TNI M. Ali, S.E., M.M, Aspotmar Kasal Mayjen TNI Mar Widodo Dwi Purwanto, Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat, Gubernur AAL Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr.(Han), Danpuspenerbal Laksda TNI Edwin, S.H., M. Han, Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan S.Pi., M.M, Danlantamal V Surabaya Laksma TNI Moh Zaenal S.E., M.M, M.Soc., Sc, Kadisfaslanal Laksma TNI Agus Santoso, S.E., dan Korsmin Kasal Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, S.E.

Dalam perjalanan ke Puslatpur Purboyo tersebut Kasal beserta rombongan menggunakan pesawat Helly berangkat dari Puspenerbal Juanda. Setelah tiba di Puslatpur Purboyo Kasal dan rombongan di sambut oleh Aslog Kasal Laksda TNI Puguh Santoso, Dankormar Mayjen TNI Mar Suhartono, M.Tr (Han), Danpasmar 1 Brigjen TNI Mar Hermanto, S.E., M.M, Dankodikopsla Laksma TNI Eko Wahjono, S.E, Danpuskopaska Laksma TNI Yudhi Bramantyo, N.S, Danpuslatdiksarmil Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo, Dankolatmar Kolonel Marinir Suliono dan Komandan Lanal Malang Kolonel Laut (P) Hreesang Wisanggeni.

Selain meberikan pembekalan kepada siswa Dikmata PK TNI AL Angkatan XL/2 dalam acara tersebut Kasal juga memberikan pembekalan kepada peserta Rako dan AKS Korps Marinir Tahun 2021 serta memimpin prosesi pembaretan tamtama remaja Angaktan XL/1 yang bsebelumnya telah lulus pendidikan dari Kodiklatal. Acara dilanjutkan dengan inspeksi beberapa fasilitas sarana dan prasarana latihan yang berada di bawah Kolatmar.

BACA JUGA:  Lantamal V Laksanakan Validasi Pendaftaran Calon Prajurit TNI AL Untuk Wilayah Surabaya

Dalam pembekalan kepada Siswa Dikmata PK TNI AL Angkatan XL/2 Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. menyampaikan bahwa setiap prajurit Strata bintara dan Tamtama TNI AL akan melewati pendidikan dasar Keprajuritan di Puslatdiksdarmil Kodiklatal, sebelum selesai pendidikan dasar keprajuritan para siswa akan mengaplikasikan ilmu yang didapat dikelas dalam lattek berganda di Puslapur Purboyo.

Menurutnya melalui Latihan di Purboyo ini para siswa dididik dan digemleng secara fisik dan mental untuk melanjutkan pendidikan tahap berikutnya yaitu pendidikan dasar Golongan lanjutan dibeberapa Pusdik. Kasal berharap dari latihan ini hendaknya diambil hikmah bahwa prajurit harus kuat secara fisik, handal dan profesional guna mengawaki alutsista Sistim senjata armada terpadu (SSAT) berupa KRI, pesawat udara dan alutsista marinir yang makin berkembang.

Orang nomor satu dijajaran TNI AL ini juga menyampaikan dari Latihan di Purboyo ini hendaknya dilaksanakan dengan gembira diambil hikmah dan manfaatnya karena latihan Dasar keprajuritan ini tidak akan terulang kedua kalinya. Jadikan kegiatan ini sebagai kenangan dan cerita indah kepada orang tua, keluarga, saudara dan kepada istri dan anak apabila sudah berkeluarga nantinya, jadilah parjurit yang menjadi kebanggan baik keluarga dan organisasi TNI AL. (**/red/Pen Kodiklatal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *