17/10/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kodim 0416/Bute Gelar Sosialisasi Penerimaan Komponen Cadangan

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Kodim 0416/ Bungo Tebo menggelar sosialisasi dan paparan terkait Komponen Cadangan (Komcad) di aula Makodim, pada Kamis (25/3/2021).

Hadir dalam sosialisasi ini, perwakilan dari Mahasiswa, Menwa, unsur pemuda setiap Koramil satu orang perwakilan,serta hadir pula para Danrmil dan Babinsa.

Dandim 0416/Bute, Letkol Inf Arianto Maskare Subagio, S.Sos., M.Si mengatakan sosilisasi Komcad ini bertujuan agar semua unsur memahami peran dan tugas komponen cadangan.

“Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan kekayaan kita ini memang diakui oleh dunia luar. Ini sangat perlu dijaga dengan baik agar NKRI tetap kokoh dari semua gangguan,” kata Letkol Inf Arianto.

Dikatakan Dandim, untuk jumlah yang akan direkrut menjadi Komcad di Korem 042/Garuda Putih 700 orang yang nantinya akan dibagi sesuai kebutuhan di masing-masing Kodim di jajaran Korem.

Jadi semua calon personil Komcad umur mulai dari 18-35 Tahun dan berakhir di umur 45 Tahun. Selian itu para Komcad kesehatannya harus sehat dan memiliki kemampuan memadai.

“Untuk seleksi personil Komcad digelar pada pertengahan Mei hingga akhir Mei dan Diksar akan dilaksanakan bulan Juni dan Agustus 2021. Karena Komcad sudah ada landasan hukum,” katanya.

Lanjut Dandim, komponen cadangan ini dipersiapkan dari segala bidang baik itu kesehatan dan juga bagi yang lulus nanti maka akan mengikuti pendidikan dasar militer. Jadi komcad ini bila dibutuhkan mobilasi untuk pertahanan negara harus siap.

“Setiap personil Komcad dilengkapi dan memiliki hak saat mengimuti Komcad. Jadi personil Komcad tidak menggangu aktivitas sehari-hari. Setiap komcad ini ada pembinaan secara berkala. Setelah sosialisasi ini, semua peserta sosialisasi diharapkan bisa menyebarkan informasi tersebut ke setiap wilayah masing-masing,” cetus Dandim. (**/red)

BACA JUGA:  Maksimalkan Alat Berat Guna Percepat Pembangunan Jalan Baru TMMD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *