19 April 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Tingkatkan Kepedulian Sosial Antar Sesama Masyarakat Melalui Program TMMD Kodim 0415/Batanghari

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Komandan Kodim 0415/Batanghari selaku Dansatgas TMMD 110 Kolonel Inf J Hadiyanto menyampaikan, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 disela sela kunjungannya ke lokasi pembangunan mengatakan bahwa kegiatan ini digelar selama 30 hari mulai tanggal 2 sampai dengan 31 Maret 2021 dengan 2 (dua ) sasaran yaitu yang pertama berupa sasaran fisik berupa Pembukaan Jalan peghubung dari Desa Sungai Terap Kec. Kumpeh Ulu menuju Desa Sungai Gelam Kec. Sungai Gelam  Kab. Muaro Jambi dengan  panjang  5.350 M dan Pembukaan Jalan peghubung dari Desa Mekar Jaya menuju Desa Talang Belido  Kec. Sungai Gelam  Kab. Muaro Jambi dengan  panjang  4.400 meter, sedangkan sasaran non fisik berupa  penyuluhan dan sosialisasi serta bakti sosial. Penentuan sasaran merupakan permintaan Masyarakat kepada Pemda Muarojambi kemudian kita sinergikan dengan Program TMMD dari Mabes TNI-AD.

Menurut Dandim, program TMMD yang diselenggarakan setiap tahun ini,  menunjukan kesungguhan TNI untuk terus mendukung terwujudnya pembangunan nasional di wilayah secara berkesinambungan, yang bertujuan untuk membantu pemerintah dalam proses percepatan program pembangunan di wilayah.

Program TMMD tidak lepas dari partisipasi serta peran serta dari masyarakat dalam pengerjaan sasaran fisik dari program TMMD tersebut, bahkan masyarakat di lokasi TMMD sangat antusias turut ikut membantu secara gotong royong dalam mensukseskan program TMMD ke-110.

Hal ini menjadi bukti bahwa apa yang dikerjakan dalam kegiatan TMMD, merupakan impian dan keinginan dari masyarakat untuk segera menikmati jalan penghubung antara dua desa, ujar Dandim.

Lanjut Dandim, bahwa TMMD tidak hanya sekedar untuk menghadirkan pembangunan sasaran fisik semata, akan tetapi jauh lebih penting demi terbangunnya semangat gotong royong serta meningkatnya kepedulian sosial antar sesama masyarakat, sehingga terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Disamping itu nuansa kekeluargaan yang harmonis dalam situasi diluar pekerjaan, karena kesehariannya personel satgas TMMD tinggal dan bermalam di rumah warga.

Dengan adanya semangat kekeluargaan dan gotong royong antara TNI dan masyarakat ini akan lebih mempererat silaturrahmi dan hubungan emosional. Dengan adanya pembangunan ini juga memberi harapan baru bagi masyarakat yang berada di perkampungan, khususnya para generasi muda agar lebih mencintai dan tidak meninggalkan kampung  untuk mencari kerja di tempat lain.

Semangat kebersamaan dalam membangun desa merupakan tujuan dari program TMMD sehingga program percepatan pembangunan di wilayah dapat terlaksana dengan baik, sampai ke wilayah terpencil, itulah yang kita ingin wujudkan dalam program TMMD ke-110 ini,” pungkas Kolonel Hadiyanto. (**/red)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

59 + = 67