Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Lukisan dan Pergelaran Teater ‘Merangin Betandang’ di Taman Budaya Jambi

2 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Pameran lukisan, menampilkan 60 karya dibawah asuhan Rumah Kreatif Merangin dan Pergelaran Teater, 2 April 2021 pukul: 19.30 wib persembahan Sanggar Seni Budaya Batin Penghulu, berjudul ‘Kusuk Si Rambut Panjang’ sutradara Febra Muyu.

Dalam rangkaian hari jadi Rumah Kreativ Merangin yang ke-12 tersebut dalam tajuk ‘Merangin Betandang’ 1 s.d 10 April 2021 di gedung Teater Arena-Taman Budaya Jambi, Jalan Sei Arbai I, Sungai Kambang, Telanaipura, kota Jambi.

“Ada 60 karya yang digarap oleh 30 peserta, mulai dari usia Taman Kanak-Kanak (TK) hingga dewasa yang semua tergabung dalam sanggar Rumah Kreativ Merangin, sedangkan pementasan Teater,” Terang Alhendra Daulay, Ketua Rumah Kreativ Merangin (Kamis, 01/04/2021).

Pria yang akrab disapa Ucok Merangin, dalam kata sambutannya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesempatan yang diberikan menampilkankan karya di Taman Budaya Jambi (TBJ).

“Kami berterima kasih kepada Kepala TBJ karena diberikan kesempatan, dan ini menjadi semangat serta motivasi terhadap kami juga pelaku seni dan kantung-kantung seni yang ada di daerah-daerah lainnya. Kepada Kepala Disbudpar, saya mewakili dewan kesenian Merangin terima kasih atas restunya kepada kami, kepada kadisbudparpora Merangin, terima kasih dukungannya,” Ujarnya.

Sementara itu Kepala TBJ, Didin Sirojudin,S.Sn, program ini sudah dibicarakan tahun sebelumnya agar mendapat ruang pameran dan pergelaran.

“Sebenarnya belum kita laksanakan saat ini, karena terkait anggaran. Tetapi, kalau ditunda tentunya sangat tidak baik untuk semangat anak-anak. Program ini telah dibicarakan setahun yang lalu, untuk bisa melaksanakan pameran dan pergelaran di TBJ,” Terang Didin.

“Mungkin kedepan, jika ingin melaksanakan ajukan proposal kepada kami berdasarkan konsep, konsep berkesenian dan proposal akan dikurasi. Artinya akan terukur, kurator kita mulai dari pengajuan proposal dan materinya,” Tambahnya.

BACA JUGA:  Pertamina EP Sukses Lepasliarkan Owa Jawa ke Alam Bebas

Lalu kata Didin, program tahun 2021 di TBJ berupa Workshop dan ada festival pada Juli 2021 “Setelah workshop, hasilnya akan dilihat melalui festival, Tandasnya.

Kegiatan kerja kolektif Dewan Kesenian Merangin bersama Rumah Kreativ Merangin, Sanggar Seni Budaya Batin Penghulu, IMAJI, dan didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi (Disbudpar) Jambi UPTD Taman Budaya Jambi (TBJ), Pemerintah Kabupaten Merangin dan Air Batu River.

Lihat Videonya Disini:

(Hendry Noesae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *