17/10/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pangdam II/Sriwijaya Pimpin Sertijab Danrem 043/Gatam

3 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi, memimpin langsung upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Korem (Danrem) 043/Garuda Hitam (Gatam) dari pejabat lama, Brigjen TNI Toto Jumariono, S.S., M.I.KOM., kepada pejabat baru, Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, S.I.P., M.H., Kamis (1/4/2021) bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang.

Prosesi upacara Sertijab Danrem 043/Gatam ditandai dengan penyerahan tanda jabatan dan Tongkat Komando serta Tunggul Korem 043/Gatam oleh Pangdam II/Swj kepada pejabat baru Brigjen TNI Drajad Brima Yoga.

Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, S.I.P., M.H., adalah lulusan Akabri Tahun 1992 sebelumnya berdinas sebagai Kapok Sahli Pangdam XVIII/Kasuari, sementara Brigjen TNI Toto Jumariono, akan pindah tugas ke Mabesad sambil menunggu masa Purna Tugas.

Mengawali amanatnya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi., menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Brigadir Jenderal TNI Toto Jumariono, S.S., M.I.KOM., atas pelaksanaan tugas dan pengabdian yang begitu besar selama menjabat sebagai Danrem 043/Gatam. “Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada Ny. Toto yang telah mendampingi suami selama berdinas di Kodam II/Swj, serta memimpin organisasi Persit Kartika Candra Kirana Koorcabrem 043/Gatam secara Paripurna”, kata Pangdam.

“Tidak lupa, kita semua yang hadir di tempat ini turut mendoakan, semoga Brigadir Jenderal TNI Toto Jumariono, S.S., M.I.KOM., yang sebentar lagi akan memasuki Purna Tugas dapat melaluinya dengan baik dan selalu bahagia bersama dengan keluarga”, ucapnya.

Selanjutnya, Pangdam juga mengucapkan selamat kepada Brigadir Jenderal TNI Drajad Brima Yoga, S.I.P., M.H., beserta Istri, atas kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan untuk menjabat sebagai Danrem 043/Gatam dan sebagai Ketua Persit di satuannya.

BACA JUGA:  Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Buat Taman Baca Di Perbatasan

Pangdam II/Swj menjelaskan bahwa, jabatan pada hakikatnya merupakan sebuah amanah dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa yang nantinya akan dipertanggungjawabkan.

“Saya berharap amanah ini dapat diemban dengan sebaik-baiknya, jangan pernah ragu untuk melanjutkan dan meningkatkan hal-hal positif yang telah dirintis oleh pejabat sebelumnya, serta berikan warna baru yang lebih segar dan positif bagi satuannya”, ujarnya.

Sebagaimana dipahami bahwa, Korem 043/Gatam merupakan Subkompartemen Strategis Matra Darat, yang bersifat kewilayahan, dengan tugas pokok menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan, menyelenggarakan pembinaan Teritorial untuk menyiapkan wilayah Pertahanan Darat di wilayah Provinsi Lampung dalam rangka mendukung Tugas Pokok Kodam II/Swj.

Dengan demikian, sambung Pangdam, Pemberdayaan Wilayah Pertahanan yang diimplementasikan melalui Binter pada hakikatnya merupakan salah satu Tugas Pokok TNI AD untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan.

“Salah satu kunci keberhasilan Binter adalah kemampuan untuk membangun Komunikasi Sosial yang sehat. Oleh karena itu komunikasi, koordinasi dan kerja sama dengan seluruh komponen bangsa harus terus dibangun dan dipelihara, baik dalam konteks tugas maupun optimalisasi peran Kowil serta hal lain bagi kepentingan organisasi”, tuturnya.

Dalam rangkaian acara Sertijab tersebut, dilaksanakan juga acara Tradisi Pelepasan Pejabat yang akan meninggalkan Kodam II/Swj, yang ditandai dengan penghormatan kepada Pataka Kodam II/Swj, pengalungan bunga dan bunga tangan.

Hadir salam acara Sertijab tersebut, Irdam II/Swj Brigjen TNI Henra Hari Sutaryo, Kapok Sahli Pangdam II/Swj Brigjen TNI Puji Cahyono, para Danrem, para Perwira Staf Ahli Pangdam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, Perwira LO TNI AL dan LO TNI AU Kodam II/Swj, para Kabalakdam II/Swj, Ketua dan Wakil Ketua beserta Pengurus Persit KCK PD II Sriwijaya.

BACA JUGA:  Panglima TNI : Sebagai Prajurit Profesional, Wanita TNI Juga Memiliki Peran Ganda

Pelaksanaan acara Sertijab kali ini diselenggarakan dengan tetap mengacu pada Protokol Kesehatan (Prokes) yang berlaku di tengah wabah Virus Corona (Covid-19). Dalam acara Sertijab tersebut, para peserta dan pejabat yang hadir tetap mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak antar personel.

Sumber : Pendam II/Swj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *