17/10/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Beri Rasa Aman, Babinsa Koramil Telanaipura Jaga Pelaksanaan Ibadah Misa Paskah di Gereja Santo Gregorius Agung

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Perayaan paskah bagi umat Nasrani merupakan perayaan terpenting dalam tahun liturgi gerejawi kristen dan dirayakan oleh mayoritas umat kristiani di seluruh dunia.

Pemberitaan di media jelang perayaan umat kristiani tersebut, kondisi dibeberapa kota di Indonesia diwarnai dengan adanya beberapa aksi teror dengan tujuan untuk menciptakan rasa takut dan kekacauan.

Teror ataupun terorisme selalu identik dengan kekerasan, merupakan perbuatan yang menggunakan kekerasan untuk menimbulkan rasa takut secara meluas yang dapat menimbulkan korban bersifat massal atau menimbulkan kerusakan dan kehancuran.

Dalam rangka mengantisipasi dan menciptakan kenyamanan beribadah bagi umat kristiani, pengamanan gereja-gereja yang melaksanakan perayaan paskah terus ditingkatkan.

Pengamanan bukan hanya dari kepolisian saja, namun banyak diperbantukan dari beberapa instansi, ormas dan kelompok masyarakat lainnya.

Koramil 415-09/ Telanaipura mempunyai kewajiban dan tanggung jawab moral terhadap hadirnya situasi aman dan nyaman bagi umat beragama untuk merayakan hari besar keagamaannya.

Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, S.E membenarkan adanya perintah dari komando atas untuk melakukan perbantuan penebalan personil pengamanan di gereja-gereja.

Salah satu gereja sebagai obyek untuk digelar pengamanannya yakni gereja Santo Gregorius Agung jl. Lingkar Barat Rt. 31 kel. Kenali Asam Bawah Kec. Kotabaru kota Jambi, Sabtu (03/04/2021).

Menurut Danramil rasa aman, nyaman dan tenang harus dapat dinikmati oleh semua orang dalam merayakan hari-hari besar keagamaannya, apapun agamanya.

Danramil yakin bahwa terorisme digunakan sebagai senjata psikologis untuk menciptakan suasana tidak menentu serta menciptakan ketidakpercayaan masyarakat terhadap kemampuan pemerintah dan memaksa masyarakat untuk mentaati kehendak pelaku teror.

“Melalui bentuk pengamanan yang dilakukan secara bersama-sama seperti ini diharapkan suasana tenang dan nyaman dalam merayakan hari-hari besar keagamaan dapat diwujudkan.” tutur Mayor Widi. (**/red)

BACA JUGA:  Pangdam II/Sriwijaya Pimpin Pengamanan Kunjungan Wapres KH. Ma'ruf Amin di Provinsi Lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *