12/06/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Tanpa Kurangi Hikmah dan Kebahagian Idul Fitri, Kapolda Jambi Imbau Masyarakat Patuh Prokes

2 min read

JAMBIDAILY KESEHATAN – Kapolda Jambi Inspektur Jenderal A Rachmad Wibowo menyampaikan ketika dirinya baru tiba di Provinsi Jambi, akhir November 2020, jumlah korban Covid-19 meninggal 26 jiwa. Lalu sampai dengan 11 Mei 2021, korban meninggal 139 jiwa (Data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi),Rabu (12/5/2021).

Sehingga di Provinsi Jambi pada periode sembilan bulan pertama sejak terjadinya gelombang pandemi Covid-19 (Maret – Nopember 2020) dibandingkan periode Desember 2020 sampai dengan Mei 2021, jumlah yang meninggal dunia melonjak dari 26 menjadi 139. Artinya dalam 6 bulan terakhir bertambah sebanyak 113 orang meninggal dunia.

Kondisi ini tentunya tidak boleh terus berlanjut. Harus ada upaya-upaya untuk memutus mata rantai Covid-19. Oleh karena itu Kapolda Jambi menghimbau seluruh masyarakat Provinsi Jambi untuk tetap menjaga Protokol Kesehatan dan menahan diri selama merayakan Hari Raya Idul Fitri. Masyarakat diminta untuk tetap menaati protokol kesehatan dalam melaksanakan ibadah Sholat Ied, demikian juga halnya umat Kristiani yang merayakan hari Kenaikan Isa Al Masih juga wajib mematuhi prokes.

Para pengurus tempat ibadah diminta untuk mengatur posisi jemaah yang menjaga jarak setiap individu minimal 1,5 meter. Lalu, menyediakan tempat cuci tangan berikut sabun cuci tangannya, serta meminta seluruh jemaah untuk selalu menggunakan masker selama menjalankan ibadah.

Setelah ibadah selesai, protokol kesehatan agar tetap dijaga. Menjaga jarak saat memberi ucapan selamat hari raya, tidak berjabatan tangan, apalagi berpelukan. Kapolda juga mengimbau kepada seluruh pengurus tempat makam agar mengatur peziarah sehingga lokasi pemakaman tidak penuh atau berdesakan di pintu masuk. Personel TNI dan Polri beserta stakeholder lainnya akan membantu proses ini sehingga masyarakat dapat melaksanakan kegiatannya dengan nyaman serta terhindar dari Covid-19.

BACA JUGA:  Kapolres Bungo : Jangan Takut Divaksin

Kapolda Jambi mengucapkan selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1442 H Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, serta selamat merayakan hari kenaikan Isa Al Masih bagi umat Kristiani, semoga Allah SWT, Tuhan YME senantiasa melindungi seluruh warga Provinsi Jambi dari segala mara bahaya. Aamiin ya Robbal Alamin.(Humas Polda /Hmi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *