22/10/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Sambut HUT RI Ke-76, Anak SD di Tanjab Timur Nonton Film Kemerdekaan

2 min read

JAMBIDAILY TANJABTIM – Berbagai cara dilakukan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, terlebih di tengah pandemi covid-19 dan dimasa PKKM, salah satu yang dilakukan anak-anak Sekolah Dasar (SD) di Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi ini, melaksanakan Nonton Film Kemerdekaan berjudul “Merah Putih”.

Film Kemerdekaan ini, untuk melahirkan semangat juang dan rasa nasionalisme anak dari sejak dini dan, mengajarkan anak-anak untuk selalu mengingat jasa-jasa para pahlawan dalam merebut Kemerdekaan Republik Indonesia tercinta.

“Tujuan diselenggarakannya Kegiatan nonton film kemerdekaan ini, sengaja kita lakukan agar meningkatkan rasa nasionalisme anak bagi Bangsa, dan meningkatkan semangat juang bagi anak-anak dalam meraih prestasi, “kata Ridwan Anas Selaku Ketua Posko XX Mahasiswa KKN Kebangsaan di Kampung Laut, Selasa (17/8/2021).

Disela-sela nonton film Kemerdekaan, ada kuis dadakan yang dilakukan, untuk mengetahui sejauh mana peserta dari anak-anak SD memahami pesan film yang disampaikan dan melatih kepercayaan diri anak untuk Public Speaking.

“Selain itu kita juga mengadakan, perlombaan membaca puisi, menghafal pancasila, menebak lagu kebangsaan, menebak gambar tokoh kemerdekaan dan membuat kata-kata bijak dengan tema kemerdekaan, ” Ujar Ridwan.

Menurut Ridwan, hari kemerdekaan adalah tonggak sejarah perjuangan bangsa yang harus dipertahankan. Selain mempertahankan kemerdekaan, sebagai generasi penerus bangsa, tentunya harus mengisi kemerdekaan itu dengan melakukan hal-hal yang positif dan dapat menumbuhkan kecintaan serta semangat nasionalisme itu sendiri.

“Maka itu, untuk mengisi hari kemerdekaan ini, kami mengadakan berbagai kegiatan yang mengingatkan kita pada semangat para patriot pembela bangsa, ” Ucapnya.

Penulis  : Hendri Rosta
Editor     : Hendry Noesae

BACA JUGA:  Bupati Safrial Pimpin Rapat Kerja Sama Pemkab bersama Politeknik Akamigas Cepu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *