12/08/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Maksimalkan Vaksinasi Ibu Hamil

2 min read

JAMBIDAILY BUNGO – Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi saat ini menjadi salah satu daerah yang terus gencar melakukan vaksin massal. Hal tersebut dikarenakan angka masyarakat yang belum malakukan vaksin masih sangat banyak.

Bahkan masayarakat di Kabupaten yang memiliki julukan Bumi Langkah Serentak Limbai Seayun bisa dikatakan masih kurang pemahaman. Terutama vaksinasi untuk ibu hamil. Berbagai sektor saat ini terus melakukan sosialisasi vaksin kepada masyarakat umum dan juga ibu hamil.

Seperti yang dilakukan oleh, Puskesmas Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas (Taseplin). Saat ini terus mensosialisasikan vaksinasi bagi ibu hamil (Bumil) di wilayah Pusksemas Taseplin, Kabupaten Bungo.

Hal itu disampaikan, dr Ermalina selaku Kepala Puskesmas Taseplin, kalau vaksin untuk ibu hamil sekarang memang pihak puskes terus berupaya mengajak seluruh ibu hamil yang ada di 12 dusun dalam kecamatan Tanah Sepenggal Lintas ikut serbuan vaksinasi.

“Bumil yang divaksin usia kehamilannya mulai 13 Minggu sampai 33 Minggu. Sementara ini kami masih fokus edukasi dan sosialisasi kepada bumil yang ada di wilayah Taseplin, agar mereka mau ikut vaksinasi,” ujar dr Ermalina, Jum’at (29/10/2021).

Dikatakan, untuk data Bumil sekarang mencapai 346 orang per September dan sebagian memang sudah ada yang telah melahirkan. Untuk data Bumil yang ikut vaksin atau divaksin barubberjumah 9 orang.

“Memang masih banyak bumil di disini yang masih takut-takut untuk divaksin, tapi kami terus memberikan sosialisasi dan edukasi kepada mereka kalau vaksin untuk Bumil itu ada mekanismenya yang harus dilewati,” katanya.

Ia meminta kepada seluruh Bumil tak usah takut ikut vaksinasi. Karena vaksin ini tentu sangat berguna. Sebelum divaksin semua diperiksa oleh tenaga kesehatan yang membidangi.

BACA JUGA:  Karang Taruna dan Polres Bungo Gelar Vaksinasi Massal

“Jadi kalau mau divaksin memang semua harus melewati screeaning terlebih dulu. Ini semua juga sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus corona di Taseplin,” jelas dr Ermalina.

Tambah dr Ermalina, selain vaksinasi Bumil pihaknya juga melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat. Setiap hari jajaran Puskesmas terus melaksanakan vaksin.

“Kami terus bersinergi dengan TNI-Polri dan juga perangkat Dusun terkait vaksin di wilayah UPT Puskesmas Taseplin ini. Kita ingin, semua masyarakat divaksin secara merata,” tukasnya.

Kepala Puskesmas Tanah Sepenggal Lintas menghimbau kepada masyarakat, vaksinasi covid-19 bagi Ibu Hamil sudah diizinkan melalui Kemenkes. Vaksinasi bagi ibu hamil, setiap mau divaksin terlebih dahulu akan di screaning.

Ibu hamil diharapkan bisa meminimalisir resiko gejala berat dosis pertama akan diberikan pada trimester kedua kehamilan pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

Ada beberapa syarat untuk vaksin ibu hamil, seperti, suhu badan dibawah 37,5°C, sia kehamilan diatas 3 Bulan (Trimester Kedua ). Ada juga tensi darah dibawah 140/90 mmhg, tidak memiliki tanda preeklamsia tidak memiliki riwayat alergi berat, tidak punya penyakit penyerta (komorbid), tidak memiliki penyakit autoimun, tidak sedang mendapat pengobatan untuk gangguan pembekuan darah, kelainan darah defisiensi imun dan bukan penerima yransfusi, tidak sedang mengkonsumsi obat yang memiliki sifat Imunosupresif, tidak terkonfirmasi positif covid – 19 dalam 3 bulan terakhir

(Budi Prasetyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :