27/09/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Bantai Adat di Tabir Tahun ini Bakal Lebih Meriah

1 min read

JAMBIDAILY BANGKO – Pelaksanaan ‘Bantai Adat’ Anak Negeri warga Tabir yang rutin dilakukan setiap tahunnya menjelang Puasa Ramadhan, tahun ini bakal berlangsung lebih meriah dan speltakuler, karena ‘ditumpangi’ berbagai kegiatan lain yang sifatnya nasional.

Dikatakan Sekda Merangin Fajarman, saat memimpin jalannya rapat lintas sektoral pada Selasa (15/3) yang dihadiri Ketua TP PKK Merangin Hj Nurhaida Mashuri, di Pola Utama Kantor Bupati Merangin terkait ‘Bantai Adat’ tersebut, acara itu akan dirangkaikan dengan kegiatan Gerakan nasional (Gernas).

Garnas bertajuk Bangga produk Buatan Indonesia (BBI) 2022 di Provinsi Jambi  itu, juga dimeriahkan dengan gelar pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), atraksi seni budaya, kearifan lokal serta bazar kuliner tradisional.

‘’Bantai Adatnya  akan kita laksanakan pada Rabu subuh (30/3). Nanti juga akan ada tradisi Pawai Takruf, yang akan diikuti sebanyak 300 anak-anak yang sudah khatam Al Quran. Mereka akan berjalan kaki sekitar 200 meter pada pagi harinya,’’ujar Sekda.

Acara itu lanjut Sekda, akan diteruskan dengan makan bersama di Cagar Budaya Rumah Tuo Rantau Panjang. Nanti juga ada tim yang turun dalam mengantisipasi kelangkaan kebutuhan pokok masyarakat, termasuk minyak goreng.

Bagaimana dengan acara ‘Bantai Adat’-nya? Dijelaskan Sekda, untuk acara tahunan ‘Bantai Adat’ itu, segala sesuatunya sudah disiapkan pantia dari Lembaga Adat setempat.

‘’Kita Pemkab Merangin hanya membantu sarana jalan menuju ke lokasi ‘Bantai Adat’ dan menyediakan kebutuhan air bersih untuk acara tersebut. Mudah-mudahan acara ini berlangsung sukses dan lancar,’’harap Sekda.(teguh/kominfo)

BACA JUGA:  'Aku Pulang' Teater KUJU

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :