20/08/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Masjid Muhammad Cheng Ho di Jambi Jadi Tujuan Wisata Religi

2 min read

Foto: https://kabarnegeri.co/

JAMBIDAILY WONDERFUL – Saat Ramadhan banyak dimanfaatkan masyarakat muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satunya menjalankan ibadah sholat 5 waktu di masjid.

Sebagai salah satu daerah peradaban Islam, provinsi Jambi banyak memiliki masjid yang bernilai sejarah dan unik. Salah satunya Masjid Muhammad Cheng Ho.

Masjid yang terletak di kawasan Jalan Ibrahim Ripin, Kenali Asam Bawah, Kotabaru, Kota Jambi ini memiliki desain unik karena memadu-padankan budaya Tionghoa dan Arab Melayu.

Di bulan puasa seperti saat ini banyak masyarakat yang datang untuk beribadah sekaligus berwisata religi.

Masjid yang dibangun di atas tanah seluas 2.380 meter persegi ini bisa menampung hingga 500 orang jamaah.

Perpaduan arsitektur Tionghoa, Arab, dan Melayu terlihat dari elemen bangunan. Ketika pertama kali menginjakan kaki di gerbang, kita disuguhkan dengan bangunan yang megah yang identik dengan warna merah berpadu dengan warna hijai dan kuning mendominasi masjid.

Beranjak menuju serambi ada ruangan utama salat. Udara terasa sejuk. Ruangan bersih dan tertata rapi.

Menurut Ardiansyah pengurus masjid Cheng Hoo mengatakan bahwa masjid ini digunakan pertama kali untuk ibadah pada 12 Februari 2021. Sedangkan Peletakan batu pertama pada 22 Juli 2012, oleh Gubernur Jambi, pada saat itu Drs. H. Hasan Basri Agus.

“Masjid ini dicetus pertama kali oleh Haji Rusli yang juga merupakan Ketua Persatuan Islam Tionghoa (PITI) perwakilan Jambi. Masjid ini sengaja dibangun dan dijadikan tempat berkumpul para mualaf yang ada di Jambi,” ujar Ardiansyah, Minggu (10/04/2022).

Selain itu, masjid ini juga dijadikan sebagai simbol toleransi umat beragama.

Di bulan puasa, masjid ini juga melaksanakan sholat tarawih, kegiatan tausiah, hingga tadarus al’quran. (Pehaalwy)/pilarjambi.com mediagroup jambidaily.com

BACA JUGA:  Objek Wisata Danau Kaco Kerinci, Akibat Covid-19 ditutup Hingga 25 Desember 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :