29/01/2023

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pentingnya Mengetahui Pengertian, Manfaat dan Jenis Asuransi Jiwa

4 min read

JAMBIDAILY KESEHATAN – Mendengar kata asuransi jiwa tentu Anda sudah tak asing lagi. Asuransi jiwa menjadi salah satu cara terbaik untuk memberikan jaminan finansial di masa depan.

Membahas tentang asuransi jiwa tentu bukan lagi hal yang baru, sebab memang sudah cukup banyak masyarakat yang mengikuti program asuransi jiwa.

Agar mengetahui tentang  detail asuransi online terbaik, maka sebaiknya Anda perlu memahami betul apa sajakah jenis asuransi jiwa tersebut, dan apa sebenarnya yang dimaksud dengan asuransi jiwa dan jenisnya.

Memahami Asuransi Jiwa

Pada dasarnya asuransi jiwa merupakan sebuah bentuk perlindungan khususnya terhadap finansial, di mana peserta asuransi memiliki kewajiban untuk membayar premi secara berkala dengan nominal sesuai dengan kesepakatan.

Nantinya asuransi ini akan cair secara bertahap serta bisa menjadi jaminan finansial bagi keluarga yang ditinggalkan jika Anda sebagai pemilik polis asuransi meninggal dunia.

Tentunya hal seperti ini sangat bermanfaat mengingat kehidupan tidak ada yang pernah bisa menjamin. Termasuk juga dengan umur yang tidak bisa diprediksi.

Sehingga dengan  adanya asuransi jiwa ini akan membuat Anda merasa lebih tenang karena jika memang sesuatu menimpa Anda, maka tak perlu risau tentang perekonomian keluarga karena akan dicover oleh asuransi yang anda miliki tersebut.

Alasan Mengapa Asuransi Jiwa Itu Penting

Berbicara tentang asuransi jiwa, mungkin di luar sana masih banyak sekali orang yang belum memahami tentang pentingnya asuransi jiwa.

Karena pada dasarnya memiliki asuransi jiwa dapat memberikan banyak sekali manfaat dan juga kelebihan, di antaranya:

Jaminan Depan

Manfaat memiliki asuransi yang pertama yaitu sebagai bentuk jaminan masa depan. Masa depan memang tidak pernah bisa diprediksi. Seperti halnya umur dimana orang memang tidak pernah tahu.

BACA JUGA:  SAH Minta Lapas Masuk Prioritas Vaksinasi Covid-19

Jika suatu ketika Anda mengalami kejadian tak terduga yang menyebabkan anda cacat permanen atau yang terburuk adalah meninggal dunia, maka tentunya asuransi jiwa ini bisa menjadi salah satu jaminan finansial bagi keluarga atau ahli waris yang ditinggalkan.

Selain itu, jika Anda adalah seorang pegawai negeri tentunya ada masa jabatan akan selesai dan anda adalah seorang pensiunan. Jika hanya mengandalkan dana pensiun saja, maka tentu tidak akan cukup.

Sehingga dengan mengikuti asuransi jiwa ini maka akan membantu mengcover kebutuhan hidup anda setelah pensiun.

Membantu Mengelola Finansial

Memang sudah seharusnya keuangan harus dikelola dengan tepat. Karena sebesar apapun penghasilan yang dimiliki namun jika tidak diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang tepat maka tentunya tidak akan cukup untuk memenuhi beragam kebutuhan sehari-hari.

Karena di dalam kehidupan sendiri tentunya tak hanya kebutuhan pokok saja yang harus dipenuhi namun ada pula kebutuhan sekunder lain yang juga harus terpenuhi dengan baik.

Dengan mengikuti asuransi jiwa ini maka bisa sekaligus dijadikan sebagai metode untuk membantu dalam mengelola finansial secara tepat, sesuai dengan target yang anda inginkan masing-masing. Misalnya untuk dana pendidikan, kesehatan maupun yang lainnya.

Sebagai Santunan

Ketika mengalami sebuah musibah seperti kecelakaan tentunya ada ada nominal biaya tertentu yang harus dikeluarkan. Jika anda tidak memiliki simpanan atau tabungan sama sekali maka tentunya akan menjadi kendala yang sangat merepotkan.

Karena mau tak mau anda harus memutar otak untuk mendapatkan dana tersebut dalam waktu yang singkat. Apalagi jika efek dari kecelakaan tersebut menyebabkan Anda cacat, baik itu yang bersifat sementara maupun permanen maka tentunya akan menjadi salah satu kendala dalam mencari nafkah untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:  Sudirman: Kajian Tim Peneliti Balitbangda, PSBB Belum Perlu di Provinsi Jambi

Namun, dengan memiliki asuransi jiwa maka biasanya ada sebagai pemegang asuransi akan mendapatkan santunan dana yang besar nominalnya akan sesuai dengan apa yang telah disepakati sebelumnya.

Sebagai Bentuk Investasi

Meskipun saat ini anda masih dalam usia produktif dan bekerja serta mendapatkan penghasilan tetap yang mungkin lebih dari cukup namun bukan berarti anda tidak melakukan investasi.

Investasi merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang karena menjadi salah satu cara terbaik untuk memberikan jaminan finansial yang stabil di masa depan.

Jika Anda merasa masih bisa mengcover seluruh kebutuhan hidup baik yang bersifat primer maupun sekunder maka asuransi ini bisa dijadikan sebagai salah satu tabungan atau investasi yang bisa anda simpan serta dapat digunakan jika memang membutuhkan biaya yang tidak terduga.

Dengan beberapa poin yang sudah disebutkan di atas maka bisa dikatakan bahwa memiliki asuransi jiwa memang menawarkan banyak manfaat dan kelebihan yang bisa dirasakan oleh pengguna atau pemilik asuransi itu sendiri.

Kenali Jenis-Jenis Asuransi

Saat ini ada banyak sekali jenis asuransi jiwa yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Setiap jenis asuransi tersebut tentunya juga memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

 

Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Asuransi Jiwa Berjangka

Merupakan asuransi jiwa dengan jangka waktu tertentu berupa santunan yang diberikan kepada pemegang polis asuransi jika tertanggung meninggal pada saat masa periode asuransi tersebut berlangsung

 

Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Merupakan asuransi yang diberikan kepada pemegang polis asuransi berupa santunan kematian jika tertanggung meninggal pada masa periode asuransi tersebut berlangsung. Asuransi ini berjangka hingga 99 tahun.

 

Asuransi Unit Jiwa Link

Merupakan asuransi dalam bentuk proteksi jiwa dan juga investasi. Artinya anda sebagai pemegang polis asuransi akan mendapatkan perlindungan jiwa serta mendapatkan investasi dari setiap bunga yang dibayarkan setiap bulannya.

BACA JUGA:  Dokter RSUI: Tuberkulosis Pada Anak Lebih Sulit Untuk Dideteksi

 

Asuransi Jiwa Dwiguna

Merupakan asuransi jiwa sekaligus tabungan. Jangka waktunya sekitar 5 – 30 tahun namun bisa juga diakhir pada masa tertentu. Jenis asuransi ini bisa digunakan untuk apa saja, misalnya untuk pendidikan, kesehatan maupun dana pensiun.

Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian, manfaat serta asuransi jiwa dan jenisnya. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :