09/12/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pergelaran Teater AiR Jambi Gegerkan Warga Kampung Durian Pecah Terkait ‘Telur Itik’

2 min read

Foto: Hendry Nursal-JambidailyDOTcom

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Temu Teater Jambi 2022 di hari ketiga menampilkan Teater AiR berjudul Telur Itik di Gedung Teater Arena Taman Budaya Jambi (Rabu, 23/11/2022).

Telur Itik menceritakan Warga kampung Durian Pecah geger akibat kabar yang dibawa Jangcik. Salah satu warga kampung, Sodikin yang merupakan pendatang baru dari Jawa dikabarkan ter-kena musibah “kiriman” usai memakan telur itik yang disajikan pada malam acara Kenduri Desa Durian Pecah.

Ia mengalami pembengkakan pada perut dan hanya bisa terbaring tak berdaya. Tak tahan melihat penderitaan yang dialami Sodikin, akhirnya Jangcik, Aam dan Minah pun bersama-sama mencari solusi untuk menyelamatkan nasib Sodikin yang malang.

Solusi yang dilakukan setelah adanya petunjuk dari pemimpin kampung, mencari orang pintar. Namun, salah diartikan Jangcik, Aam dan Minah mencari dukun. Sodikin diujung cerita akhirnya diperiksa oleh seorang dokter dan diketahui bahwa dia menderita usus buntu.

Teater AiR Jambi
Judul: Telur Itik
karya: Randa Gusmora
Sutradara: oky Akbar
Pemain: R Ananda Winardo, Rani Iswari, Rully Anggraini, Devi Hanan, Arianza Rafindo, Wahyu Fitria Lestari, Zefanya Manulang, Gesang T Wahyudi, Khairul Ni’mah, Najmul Laila
Pemusik: Windy Kaunang, Jodi Lanka, Neno Dwi, Ramadani Pangestika, Syarifudin Harahap danTitas Suwanda

(Foto: Hendry Nursal-JambidailyDOTcom)

Taman Budaya Jambi menggelar Temu Teater Se-provinsi Jambi pada 21-24 November 2022. Temu Teater ini diselenggarakan Pemerintah provinsi Jambi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Jambi UPTD Taman Budaya Jambi, didukung penuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Dirjen Kebudayaan dalam bingkai Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kepala Taman Budaya Jambi (TBJ) Eri Argawan dalam sambutan sekaligus laporannya pada seremonial pembukaan (Senin, 21/11/2022) menuturkan bahwa Temu Teater Taman Budaya Jambi merupakan kegiatan akbar teater yang menginginkan terwujudnya silaturahmi intelektual, gotong royong dan perwujudan daya cipta yang pada akhirnya berlanjut menjadi sebuah ikatan bersama membangun kebudayaan secara bersama-sama.

BACA JUGA:  Hotel Infinity Jambi, Terus Perketat Prokes Covid-19 untuk Kenyamanan Tamu
(Foto: Wildan-JambidailyDOTcom)

“Temu Teater, setelah beberapa tahun ini menjadi penting karena beberapa faktor; pertama karena Temu Teater merupakan salah satu alternatif yang memberikan jawaban dan motivasi terhadap perubahan paradigma, pola pikir dan kebiasaan kelompok teater selama ini,” Ujarnya.

Dia juga menyebutkan bahwa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Temu Teater kali ini hanya melibatkan komunitas teater yang tumbuh dan berkembang di Provinsi Jambi.

“Hal ini dilakukan untuk meningkatkan capaian kualitatif dari segi pelaksanaan, baik pertunjukan maupun kepanitiaan. Kita juga menginginkan tercapainya silaturahmi intelektual dan terwujudnya daya cipta. Kali ini khusus provinsi Jambi untuk meningkatkan pencapaian kualitatif pelaksanaan maupun pertunjukannya,” Tutur Eri Argawan. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :