09/12/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Sanggar SMANEL Merangin dalam Karya ‘Rumah Bepaga Baso Ada, Halaman Di Sapu Undang Tepian Bepago Baso’

2 min read

Foto: Wildan-JambidailyDOTcom

JAMBIDAILY SENI, Budaya – SANGGAR SMANEL Kabupaten Merangin menghadirkan pertunjukan teater tidak seperti biasanya, di gedung Teater Arena Taman Budaya Jambi (Rabu, 23/11/2022).

Kali ini SANGGAR SMANEL mengangkat permasalahan adat istiadat yang berasal dari Kabupaten Merangin yaitu bagaimana sebuah permasalahan masyarakat diselesaikan di Lembaga Adat Desa.

Penyelesaian sebuah perkara pada masyarakat yang dilakukan oleh Lembaga Adat Desa masih berlaku pada sistem aturan Adat di Kabupaten Merangin. Namun seiring dengan kemajuan zaman maka aturan Adat Istiadat tersebut sudah mulai luntur.

“Untuk itu SANGGAR SMANEL mencoba menghadirkan sebuah pertunjukan yang didalamnya dititikberatkan pada bagaimana menyelesaikan sebuah perkara dalam masyarakat yang banyak menggunakan seloko adat dan cakap mudo yang saat ini sudah jarang diketahui oleh generasi muda,” Terang Febra Muyu selaku Sutradara (Rabu, 23/11/2022).

“Pertunjukan kali ini adalah sebagai upaya untuk melestarikan dan menguatkan kembali aturan Adat yang sudah lama dipegang teguh tersebut, supaya kearifan lokal tidak terpengaruhi oleh budaya luar,” Katanya menambahkan.

Diawal kisah seorang pemuda hendak betandang ke rumah seorang gadis yang disukainya namun pada saat yang bersamaan juga ada pihak lain yang berniat sama seperti pemuda tersebut. Perselisihanpun tidak terelakkan dan terjadi keributan dan baku hantam dirumah sang gadis.

Untuk menyelesaikan persoalan ini ayah sang gadispun mohon tunjuk ajar kepada Lembaga adat yang ada di Desa. Akhirnya pihak yang bertikai inipun diberi hukuman oleh Lembaga Adat Desa yaitu Kambing Sekok Beras Duo Puluh Serta Selemak Semanih

SMANEL Kabupaten Merangin
Pendukung karya:
Pembina:
Henang priyanto, S.Pd.,M.Si
Naskah:
Mardini, S.Pd & Febra Muyu
Stage Manager :
Wahyuni Omega, S.Pd
Sutradara:
Febra Muyu
Artistic:
Dayat prabu,kristiano hermon
pemain:
Afivia Sinayang, Septian Noval,Gabriel Renaldo, Bram GYM Haddad, Abimayu Az-zikri, Zahra nabila, Alya Lutfi Nadila, Dina Salsa Bila, Ester Fiyara, Assadulloh Fathkan, Dayat Prabuk, Malik Mansyur

BACA JUGA:  Bikin Baper, Merdunya Suara Andini Sang Istri Wakil Bupati Tanjab Timur

Taman Budaya Jambi menggelar Temu Teater Se-provinsi Jambi pada 21-24 November 2022. Temu Teater ini diselenggarakan Pemerintah provinsi Jambi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Jambi UPTD Taman Budaya Jambi, didukung penuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Dirjen Kebudayaan dalam bingkai Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kepala Taman Budaya Jambi (TBJ) Eri Argawan dalam sambutan sekaligus laporannya pada seremonial pembukaan (Senin, 21/11/2022) menuturkan bahwa Temu Teater Taman Budaya Jambi merupakan kegiatan akbar teater yang menginginkan terwujudnya silaturahmi intelektual, gotong royong dan perwujudan daya cipta yang pada akhirnya berlanjut menjadi sebuah ikatan bersama membangun kebudayaan secara bersama-sama.

“Temu Teater, setelah beberapa tahun ini menjadi penting karena beberapa faktor; pertama karena Temu Teater merupakan salah satu alternatif yang memberikan jawaban dan motivasi terhadap perubahan paradigma, pola pikir dan kebiasaan kelompok teater selama ini,” Ujarnya.

Dia juga menyebutkan bahwa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Temu Teater kali ini hanya melibatkan komunitas teater yang tumbuh dan berkembang di Provinsi Jambi.

“Hal ini dilakukan untuk meningkatkan capaian kualitatif dari segi pelaksanaan, baik pertunjukan maupun kepanitiaan. Kita juga menginginkan tercapainya silaturahmi intelektual dan terwujudnya daya cipta. Kali ini khusus provinsi Jambi untuk meningkatkan pencapaian kualitatif pelaksanaan maupun pertunjukannya,” Tutur Eri Argawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :