29/01/2023

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kehadiran PB PP Silat Debalang, Penguatan Pelestarian Budaya Silat Negeri Jambi

2 min read

JAMBIDAILY WONDERFUL-Keberadaan dan keahlian seni bela diri silat merupakan salah satu kebanggaan dan khazanah budaya yang sangat penting untuk terus dilestarikan secara turun temurun.

Seni bela diri silat khas melayu Jambi juga telah sangat teruji saat para pejuang kemerdekaan dalam menghadapi musuh para penjajah belanda.

Kondisi ini juga menjadi perhatian khusus Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi bersama Debalang Negeri Provinsi Jambi.

“Seni beladiri Silat Melayu Jambi ini merupakan satu khazanah budaya kita dan perlu terus dikembangkan, baik sebagai untuk pertahanan diri dan juga warisan budaya,”ungkap Ketua Lembaga Adat (LAM) Jambi, H Hasan Basri Agus (HBA) kepada wartawan usai Pengukuhan Pengurus Besar Persatuan Pencak silat Debalang Negeri dilakukan langsung oleh Ketua Umum Debalang Negeri Sepucuk Jambi Sembilan Lurah Provinsi Jambi, Datuk H. Ramli Taha, SH, MH (Depati Penawar, Rajo Berjanggut Merah), di Gedung Lembaga Adat Provinsi Jambi, Kamis (01/12/2022).

Menurut pria yang dikenal juga dengan Datuk Temenggung Putro Jayo Diningrat ini, keberadaan LAM saat ini terus berupaya menjaga adat istiadat dan seni budaya melayu Jambi yang merupakan warisan leluhur.

“Keberadaan Persatuan Pencak Silat Debalang Negeri Jambi dibawah kepemimpinan H Zulharpan Hasan dapat menjaga dan mengembangkan seni beladiri silat melayu Jambi untuk generasi muda Jambi,”harap HBA.

Semetara itu, Ketua Umum Debalang Negeri Sepucuk Jambi Sembilan Lurah Provinsi Jambi, Datuk H. Ramli Taha, SH, MH, menyampaikan, Seni beladiri Silat merupakan satu keahlian yang harus dimiliki oleh seorang Debalang, yang dalam tatanan Adat Melayu Jambi sebagai penjaga dan penegak hukum adat.

“Debalang Negeri juga akan terus mengembangkan dewan kesenian untuk mengingat kembali sejarah negeri kita yang kaya dengan khazanah budaya,’ungkap Depati Penawar, Rajo Berjanggut Merah ini.

BACA JUGA:  Taman Budaya Jambi Ciptakan Ruang Prestasi Seni Bagi Generasi Muda

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Pencak (PB PP) Silat Debalang Negeri Provinsi Jambi, Datuk H Zuharfan Hasan, mengajak para pengurus yang telah dikukuhkan untuk sama-sama bekerjasama untuk mengembangkan dan menjaga kekayaan budaya silat melayu Jambi.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan LAM dan Debalang Negeri untuk sama-sama membangun dan melestarikan budaya silat melayu Jambi ini.

Terlihat acara Pengukuhan PB PP Pencak Silat Debalang Negeri Jambi berlangsung meriah dengan berbagai atraksi seni dan budaya Jambi, seperti kompangan, tari sekapur sirih dan atraksi mendebarkan dari beberapa pesilat muda Debalang Negeri Jambi yang dihadiri tokoh-tokoh adat dan ratusan undangan lainnya. (*)

 

Editor : Hery FR

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :