19 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dinamika Politik di Balik Pilgub Jambi 2024

7 min read

Oleh : Yulfi Alfikri Noer S.IP., M.AP
Tenaga Ahli Gubernur Bidang Tata Kelola Pemerintahan

Pilgub Jambi 2024 tampaknya menjadi persaingan ketat antara dua kader PAN, Romi Haryanto, yang saat itu menjabat sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur, dan Al Haris, yang saat itu sedang menjabat sebagai Gubernur Jambi.

Perebutan suara bukan hanya terjadi antar partai politik, namun persaingan antar calon gubernur (cagub) internal parpol akan lebih sengit.

Seringkali persaingan di dalam internal parpol memang lebih seru daripada dengan cagub partai lain.

Terlebih petahana akan kembali maju dan mempertahankan kursi kepemimpinannya. Olehnya, para penantang yang ingin duduk manis menjadi gubernur harus kerja ekstra.

Tidak hanya bersaing dalam pemilihan kepala daerah, keduanya juga berusaha keras untuk memenangkan dukungan dari partai yang memiliki lambang matahari sebagai identitasnya.

Persaingan antara Romi dan Al Haris dalam rangkaian Pilgub Jambi tersebut menjadi perhatian utama dalam kancah politik daerah. Kedua kader PAN ini memiliki latar belakang yang kuat dalam partai, membuat perebutan dukungan partai ini semakin memanas.

Romi Haryanto, dengan pengalaman sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur, membangun citra sebagai pemimpin yang progresif dan berkomitmen pada pembangunan daerah.

Sementara itu, Al Haris, yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jambi, memiliki pengalaman dalam mengelola provinsi selama periode kepemimpinannya.

Dia juga memegang reputasi sebagai sosok yang berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Jambi dan mengatasi berbagai tantangan, termasuk masalah lingkungan dan ekonomi.

Posisi Al Haris sebagai gubernur tentu memberikannya keunggulan tersendiri dalam persaingan ini. Sebagai petahana, Al Haris telah memiliki pengalaman dalam mengelola provinsi Jambi dan beliau dapat mengeskalasi pencapaiannya selama masa jabatannya.

Ini mencakup berbagai program pembangunan, peningkatan infrastruktur, dan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jambi.

Namun, persaingan dengan Romi Haryanto sangat menarik untuk di cermati. Setelah ‘meninggalkan PAN’ saat maju di Pilkada Tanjung Jabung Timur Desember 2020 lalu lewat jalur independen meskipun sebelumnya ia adalah kader PAN, langkah politik Romi Haryanto menjadi semakin menarik.

Keputusannya untuk bersaing secara independen dalam Pilkada Tanjung Jabung Timur menunjukkan bahwa ia memiliki basis dukungan yang kuat di wilayah tersebut dan keyakinan dalam kemampuannya untuk memimpin.

Tindakan ini juga mencerminkan dinamika politik daerah di mana kandidat independen kadang-kadang dapat menjadi pesaing yang serius bahkan di tengah pertarungan antar partai.

Pengalamannya dalam Pilkada Tanjung Jabung Timur dapat menjadi aset penting dalam kampanyenya dalam Pilgub Jambi 2024. Romi Haryanto dapat mengklaim bahwa ia memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang dinamika politik di tingkat lokal dan tantangan-tantangan khusus yang dihadapi oleh wilayah-wilayah di Jambi.

Dia juga dapat mengklaim prestasi-prestasi tertentu selama masa jabatannya yang dapat menjadi poin jual dalam kampanyenya.

Pada Selasa (23/02/2021.JAMBIONE.COM), Romi Haryanto mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Tanjung Jabung Timur yang sebelumnya dipimpinnya dan sementara ini memilih sebagai kader PAN.

Beberapa spekulasi muncul sehubungan dengan keputusan tersebut. Salah satunya adalah bahwa keputusan ini dapat menjadi persiapan Romi untuk ambisi politik yang lebih besar, seperti pencalonan dalam pemilihan yang lebih tinggi, dalam pemilihan gubernur atau posisi penting lainnya.

Langkah politik selanjutnya dari Romi Haryanto akan menjadi perhatian dan dapat memengaruhi dinamika politik di Tanjung Jabung Timur dan provinsi Jambi secara keseluruhan.

Tindakan Romi ini juga mencerminkan dinamika politik di tingkat daerah di mana keputusan individu dapat memiliki dampak yang signifikan pada perimbangan kekuatan politik dan strategi partai-partai lokal.

Dengan ambisi yang tinggi untuk menjadi Gubernur Jambi, Romi Haryanto akan berusaha keras untuk memenangkan hati pemilih dan meraih dukungan dari partai serta kelompok-kelompok penting lainnya.

Romi Haryanto dan Al Haris pun tidak hanya berfokus pada persaingan internal di dalam PAN, tetapi juga berusaha membangun koalisi politik yang solid. Keduanya mengincar dukungan dari partai-partai lain, terutama yang termasuk dalam koalisi nasional.

Dalam upaya ini, mereka harus mengajak partai-partai lain untuk berkoalisi dalam mendukung visi dan misi mereka.

Berikut adalah beberapa tantangan dan peluang yang dihadapi dalam persaingan antara Romi Haryanto dan Al Haris dalam Pilgub Jambi 2024:

Tantangan:

1. Persaingan Internal dalam Partai: Salah satu tantangan utama dalam konteks ini adalah persaingan di dalam Partai Amanat Nasional (PAN) itu sendiri. Kedua kandidat, Romi Haryanto dan Al Haris, harus bersaing untuk mendapatkan dukungan dari pengurus dan anggota partai, yang dapat menjadi proses yang kompleks dan kompetitif.

2. Polarisasi Pemilih: Pilgub Jambi 2024 bisa menyebabkan polarisasi di antara pemilih yang mendukung Romi dan yang mendukung Al Haris. Ini dapat memengaruhi stabilitas politik di provinsi Jambi, terutama jika polarisasi tersebut terus berlanjut setelah pemilihan.

3. Isu-isu Lingkungan dan Sumber Daya Alam: Provinsi Jambi memiliki potensi sumber daya alam yang besar, tetapi juga menghadapi tantangan lingkungan seperti deforestasi dan masalah-masalah terkait lingkungan lainnya. Kedua kandidat harus merumuskan rencana yang kuat untuk menjaga keseimbangan antara pengembangan ekonomi dan perlindungan lingkungan.

Peluang:

1. Pengalaman Kepemimpinan: Kedua kandidat memiliki pengalaman kepemimpinan yang dapat menjadi aset besar dalam kampanye mereka. Romi Haryanto memiliki rekam jejak sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur, sementara Al Haris adalah Gubernur Jambi saat ini. Mereka dapat menggunakan pencapaian mereka dalam membangun citra dan mendapatkan dukungan.

2. Pengembangan Infrastruktur: Jambi memiliki potensi untuk pengembangan infrastruktur yang lebih baik, terutama dalam hal konektivitas transportasi dan akses ke daerah-daerah terpencil. Ini adalah peluang untuk kedua kandidat untuk menawarkan rencana pembangunan yang kuat yang dapat meningkatkan perekonomian provinsi.

3. Partisipasi Masyarakat: Pilgub Jambi adalah kesempatan bagi masyarakat Jambi untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses demokratis. Kedua kandidat dapat memanfaatkan energi dan aspirasi warga Jambi untuk memenangkan dukungan dan menciptakan perubahan positif dalam provinsi tersebut.

4. Kerja Sama dengan Pemerintah Pusat: Menangnya salah satu dari kedua kandidat ini dapat membuka peluang untuk meningkatkan kerja sama antara pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Hal ini dapat berdampak positif pada alokasi sumber daya dan dukungan federal untuk pembangunan di Jambi.

PAN, sebagai partai politik yang memiliki pengaruh yang signifikan di Jambi, memegang peran penentu dalam perebutan kursi Gubernur di Pilgub Jambi 2024. Kepemimpinan Zulkifli Hasan, yang menjabat sebagai Ketua Umum PAN, menjadi sangat penting dalam menentukan arah partai dan mengkoordinasikan strategi politik baik di tingkat nasional maupun daerah.

Keputusan, dukungan, dan strategi politik PAN dapat memiliki dampak besar pada hasil pemilihan dan arah politik di provinsi Jambi. Peran penting Partai Amanat Nasional (PAN) dan kepemimpinan Zulkifli Hasan dalam Pilgub Jambi 2024. Ini bisa dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut:

1. PAN sebagai Kekuatan Politik Utama: Dalam konteks politik Jambi, PAN adalah salah satu partai politik yang memiliki pengaruh yang signifikan. Ini berarti bahwa PAN memiliki basis pemilih yang kuat dan bisa memengaruhi hasil pemilihan.

2. Peran Penentu: PAN memegang peran penentu dalam perebutan kursi Gubernur karena partai ini memiliki kemampuan untuk memobilisasi pemilihnya dan memberikan dukungan kepada calon gubernur tertentu. Dengan dukungan PAN, seorang calon gubernur dapat memiliki akses ke sumber daya kampanye, pemilih, dan jaringan politik yang penting untuk meraih kemenangan.

3. Kepemimpinan Zulkifli Hasan: Sebagai Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan adalah pemimpin tertinggi partai ini. Perannya sangat penting dalam menentukan arah dan strategi politik PAN dalam pemilihan tersebut. Keputusan yang diambil oleh Zulkifli Hasan, seperti mendukung calon tertentu atau merumuskan platform politik, dapat memiliki dampak besar pada hasil pemilihan.

4. Koordinasi Strategi Politik: Kepemimpinan Zulkifli Hasan juga penting dalam mengkoordinasikan strategi politik PAN di tingkat nasional dan daerah. Ini berarti bahwa PAN dapat merumuskan rencana yang efektif untuk menghadapi Pilgub Jambi 2024, termasuk dalam hal kampanye, penentuan calon, dan strategi komunikasi.

5. Dampak pada Arah Politik: Keputusan, dukungan, dan strategi politik PAN tidak hanya memengaruhi hasil pemilihan, tetapi juga arah politik di provinsi Jambi. Jika seorang calon gubernur yang didukung oleh PAN berhasil terpilih, agenda politik dan kebijakan yang diterapkan dalam pemerintahan dapat mencerminkan nilai-nilai dan tujuan PAN.

Pilgub Jambi 2024 bukan hanya sekadar perebutan kursi kepemimpinan provinsi, tetapi juga mencerminkan dinamika politik nasional yang lebih besar.

Dalam konteks pemilihan regional seperti ini, sering kali terjadi permainan kekuatan politik yang melibatkan partai-partai nasional. Karena itu, pemenang Pilgub Jambi juga dapat berdampak pada perimbangan kekuatan politik di tingkat nasional dan ini adalah kesempatan penting untuk memahami dan mengatasi tantangan serta memanfaatkan peluang yang ada di provinsi ini.

Kedua kandidat, bersama dengan masyarakat Jambi, dapat bekerja sama untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah dan sejahtera bagi semua penduduk provinsi tersebut.

Pilgub Jambi 2024, tanpa diragukan lagi, menjadi pesta demokrasi yang penting bagi warga Jambi. Pilihan mereka akan membentuk masa depan provinsi ini dan juga akan memiliki implikasi dalam politik nasional.

Dengan rivalitas sengit antara Romi Haryanto dan Al Haris sebagai sesama kader PAN, serta fokus mereka pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, pemilihan ini akan menghasilkan pemimpin yang akan menghadapi banyak tantangan dan peluang dalam memajukan Jambi ke depan.

Akankah Romi Haryanto maju untuk bersaing sebagai kandidat independen dalam Pilgub Jambi 2024? Wallahu a’lam bish-shawab.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 6 = 4