30 Mei 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Tingkatkan Pencatatan SIHA 2.1 Program Pengentasan HIV/AIDS, Dinkes Jambi Distribusikan Hibah Laptop

2 min read

dr Fery Kusnadi, saat menyerahkan Laptop/Foto: Ist

JAMBDAILY KESEHATAN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mendistribusikan bantuan hibah komputer jinjing (Laptop) dari Global Fund (GF) untuk 13 Puskesmas dan 2 Rumah Sakit di Kota Jambi.

Dikutip dari ampar.id media partnership jambidaily.com (Rabu, 8/11/2023) Penyerahan sebanyak 15 Laptop seperti yang tampak dalam foto, dipimpin langsung oleh Kepala dinas kesehatan provinsi Jambi (Kadinkes) dr Fery Kusnadi.

dr Fery menjelaskan bantuan Laptop ini dalam rangka peningkatan pencatatan dan pelaporan SIHA 2.1 Program pengentasan HIV/AIDS.

“tujuannya mendorong para petugas puskesmas, rumah sakit dan Dinas Kesehatan kabupaten/kota agar dapat memaksimalkan pendataan kasus HIV/AIDS,” ujarnya.

(Dinkes Provinsi Jambi Distribusikan Laptop Bantuan Global Fund untuk 13 PKM dan 2 RS di Kota Jambi/ Foto: Dok.Dinkes Jambi)

Kadinkes menuturkan, Program HIV AIDS dan PIMS masuk ke dalam SPM (Standar Pelayanan Minimal) kabupaten/kota, maka diperlukan keakuratan data program guna mendukung tercapainya standar pelayanan minimal yang menjadi evaluasi bagi kepala daerah.

Penerapan SIHA, dalam penjelasan dr Fery bertujuan memudahkan pencatatan dan pelaporan HIV AIDS melalui satu pintu dan tersimpan sebagai data nasional.

“sekali lagi diharapkan dapat meningkatkan konsistensi petugas agar dapat melakukan pencatatan dan menginput data dengan tepat dalam mendukung upaya pengendalian HIV AIDS,” tutupnya.

Untuk diketahui, data Global Fund dan Kementerian Kesehatan, Tahun 2022 deteksi yang rendah juga terjadi pada HIV/AIDS. Dari target 97 ribu kasus terdeteksi, baru 13 ribu (13%) yang ditemukan. (*/Edit: HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

45 − 39 =