23 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Lakukan 5 Hal Ini agar Mental Kamu Sehat

2 min read

Ilustrasi kesehatan mental. (Pixabay/@Wokandapix)

JAMBIDAILY KESEHATAN – Kesehatan mental menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam hidup. Mengapa demikian? Apabila kesehatan mental terganggu tentu bisa berefek pada kesehatan fisik, sehingga dari situ dapat menghambat proses pengembangan diri dan tidak bisa melakukan sesuatu yang produktif.

Kesehatan mental dapat mengganggu pikiran serta emosional, sehingga yang terjadi bisa mengundang banyak sifat negatif pada diri sendiri. Maka dari itu penting kiranya memperhatikan agar kesehatan mental bisa tetap terjaga.

Mengutip dari akun Instagram @mudahbergaul, setidaknya ada lima hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental yang bisa berawal dari diri sendiri.

1. Belajar bersyukur dan menerima

Ada kalanya keadaan tidak sesuai dengan ekspektasi. Maka dari itu kamu perlu belajar untuk menerima segala kekuranganmu, masa lalu kamu, kesalahan-kesalahan kamu, dan apapun yang terjadi pada diri kamu. Mulailah bersyukur dan menerima semua yang kamu punya, serta selalu mengambil hikmah dan pelajaran setiap kejadian yang telah terjadi.

2. Belajar kelola emosi

Apapun perasaan yang kamu rasakan setiap hari, baik itu senang maupun sedih. Cobalah untuk meluapkannya secara positif. Hindari untuk memendamnya, ditolak, dilupakan, pura-pura tidak apa-apa, dan pura-pura baik-baik saja. Karena apabila kamu tidak meluapkan apa yang kamu rasakan, bisa saja hanya merugikan dan membuat kamu sengsara.

3. Jaga kondisi fisik

Jika kondisi fisik kamu tidak sehat juga bisa berakibat kondisi mental kamu juga ikut tidak sehat. Cobalah untuk menjaga kesehatanmu dengan mengurangi begadang, rutinlah olahraga, istirahat teratur, dan tetap jaga pola makan.

4. Hargai diri sendiri

Apapun yang sudah kamu lakukan, baik itu berhasil maupun gagal, cobalah untuk menghargainya. Ucapkan terimakasih pada diri kami sendiri karena sudah berusaha semaksimal mungkin. Melalui itu akan membangkitkan semangat kamu dan tidak mudah goyah ketika diterpa kegagalan.

5. Afirmasi positif

Mulailah untuk membuat kata-kata positif pada diri kamu sendiri. Kata yang dapat menjaga dan membangkitkan semangat kamu. Contohnya “Aku percaya sama kemampuanku, aku yakin bisa dapatkan solusi dari masalah yang aku hadapi, dan tidak apa-apa hari ini tidak berhasil tetapi besok mungkin akan berhasil. ”

Nah, itulah setidaknya lima hal yang dapat dilakukan agar mental kamu bisa tetap terjaga dan sehat. Menjaga kesehatan mental sangatlah perlu, karena dengan mental sehatlah sehingga rumitnya kehidupan tetap bisa dilalui. (suara.com)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 36 = 46