14 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Inilah Film Indonesia, Hollywood dan Drakor Pengisi Liburan Anda Hingga Penutup Tahun 2023

13 min read

JAMBIDAILY FILM – Menjelang akhir tahun 2023, pasti akan terbayang-bayang dengan liburan natal dan tahun baru. Untuk menyambut liburan tersebut, berikut adalah daftar tayangan film yang dapat menemani waktu liburanmu agar menjadi tidak jenuh.

Film-film Indonesia (Sumber: https://www.satelitnews.com/)

Malam Para Jahanam
Film tersebut mengisahkan sebuah tragedi pada masa komunis yang terjadi di negara Indonesia, dan berlokasi di desa kecil bernama Winongo. Desa tersebut penuh dengan roh-roh yang tidak tenang di alamnya selama tiga malam berturut-turut.

Para roh akan bergentayangan dan menyakiti warga, sehingga masyarakat menyebutnya ‘Malam Para Jahanam’. Film tersebut sudah tayang di bioskop mulai tanggal 7 Desember 2023

Rumah Masa Depan
Film lainnya yang tayang pada 7 Desember 2023 ini, mengisahkan tentang perjalanan Sukri (Fedi Nuril) dan istrinya Surti (Laura Basuki), yang kembali ke Cibeureum karena kematian ayah Sukri.

Setelah pemakaman selesai, Sukri tidak bisa kembali ke Jakarta, hal itu dikarenakan ibunya (Widyawati Sophiaan) yang terjerat kasus pidana. Keluarga tersebut akhirnya menyelesaikan masalah keluarga, dengan cara penyelesaian yang tidak terduga sama sekali.

Siksa Neraka
Film dari Anggy Umbara ini merupakan film yang diadaptasi dari komik jadul tahun 1990-an dengan judul serupa karya MB Rahimsyah. Film tersebut akan tayang pada 14 Desember 2023.

‘Siksa Neraka’ menceritakan tentang empat kakak beradik yang sejak dulu selalu mendengar kisah surga dan neraka dari ayahnya yang seorang ustad.

Hingga suatu ketika, keluarga mereka terkena musibah dan salah seorang anaknya terbangun dari alam neraka, yang selama ini selalu diceritakan oleh ayahnya.

Kapan Hamil?
Film yang dibintangi lagi oleh Laura Basuki dan Fedi Nuril ini mengisahkan tentang pasangan suami istri yang selalu mendapatkan pertanyaan ‘kapan hamil?’.

Film ‘Kapan Hamil’ yang bergenre drama komedi ini juga tayang tanggal 14 Desember 2023.

Singkat cerita, setelah lama mengharapkan kehamilan yang tidak kunjung tiba, pasangan tersebut akhirnya berkonsultasi ke klinik dokter Sanjaya.

Dan hasil dari pemeriksaan tersebut menyatakan, penyebab utamanya adalah sang suami yang mandul alias tidak bisa punya anak.

Layangan Putus The Movie
Berawal dari sebuah curhatan seorang istri di Facebook, menjadikan web serial ‘Layangan Putus’ viral di seluruh kalangan masyarakat Indonesia pada 2022 silam. Perselingkungan dalam kehidupan rumah tangga ini akan kembali tayang pada tanggal 21 Desember 2023.

Film tersebut melanjutkan persoalan rumah tangga Aris (Reza Rahadian) dan Kinan (Putri Marino) yang hancur karena adanya orang ketiga, Lydia (Anya Geraldine).

Status dari hubungan Aris dan Kinan resmi sudah bercerai, dan Lydia menginginkan Aris untuk menikahinya. Namun, sebelum Aris mengiyakan keinginan Lydia untuk menikahinya, Aris meminta pendapat dari Kinan dan anaknya. Dan ternyata, Aris masih mengharapkan kedua cinta dari wanita itu yaitu Kinan dan Lydia.

Hamka & Siti Raham Vol.2
Film lanjutan Buya Hamka tersebut juga akan tayang di bioskop pada tanggal 21 Desember 2023 bersamaan dengan film ‘Layangan Putus The Movie’.

Mengisahkan tentang ancaman kedua dari pihak sekutu sesaat setelah proklamasi kemerdekaan. Hamka (Vino G. Bastian) mengelilingi Medan, untuk mengajak masyarakat (tokoh agama) dan TNI, agar tidak terjadi perpecahan dan saling tetap bersatu.

Namun, upaya tersebut mengakibatkan Buya Hamka tertembak, akan tetapi beruntungnya Hamka selamat. Dan berkat pengabdiannya, ia berpindah ke Jakarta dan mendirikan Al-Azhar.

13 Bom di Jakarta
Film ’13 Bom di Jakarta’, akan menjadi penutup film Indonesia di tahun 2023 yang tanggal 28 Desember. Film yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko, yang sukses dengan film sebelumnya ‘Mencuri Raden Saleh’.

’13 Bom di Jakarta’ bercerita tentang serangkaian bom teror yang tersebar di 13 lokasi berbeda di Jakarta. Aksi itu dilancarkan oleh pengusaha muda yang berkecimpung di bidang mata uang digital. Akibatnya warga Jakarta sangat resah terhadap keselamatannya. Akan tetapi, semua menjadi rumit ketika mereka mencurigai akan adanya penyusup.


Drama Korea (Sumber: https://jatim.tribunnews.com/)

Sweet Home 2
Season 2 dari Sweet Home kembali setelah tiga tahun, menampilkan Song Kang, Lee Jin-uk, Lee Si-young, dan Go Min-si dalam peran utama.

Ceritanya fokus pada Hyun-su (Song Kang) yang terpengaruh oleh Jung Eui-myeong, menciptakan dinamika baru saat penghuni Sweet Home 2 terpisah.

Adaptasi dari Webtoon, drama ini dengan 8 episode melibatkan pertempuran melawan monster dan memperkenalkan karakter baru, menambah kompleksitas dan ketegangan dalam alur cerita.

Musim kedua “Sweet Home” mengeksplorasi perjalanan Cha Hyun-su, seorang siswa SMA yang tinggal di apartemen Green Home setelah kehilangan orang tuanya.

Death’s Game
Drama Korea bergenre thriller Death’s Game, mengisahkan Choi Yi Jae, seorang pengangguran yang terlibat dalam permainan setelah kehilangan pekerjaan dan kekasihnya.

Dalam permainan ini, Choi Yi Jae dihadapkan pada tugas menjalani 13 kehidupan alternatif untuk mendapatkan peluang hidup baru.

Dalam setiap fase, ia bertahan dalam berbagai permainan untuk kelangsungan hidupnya.

Patah hati dan kehilangan tabungan bitcoin mendorong Choi Yi Jae mengambil keputusan ekstrem, tetapi kematian memberinya hukuman menjalani 13 kehidupan penuh tantangan dan kematian yang ditakdirkan pada setiap kehidupan tersebut.

Maestra: Strings of Truth
Drama terbaru yang berjudul Maestra: Strings of Truth tayang pada 9 Desember 2023 lalu di Disney+ Hotstar.
Dibintangi oleh Lee Young-ae, Lee Moo-saeng, Kim Young-jae, dan Hwang Bo-reum-byeol, drama ini bergenre thriller dan diadaptasi dari serial televisi Prancis, Philharmonia, yang tayang pada 2019.

Cerita ini mengikuti perjalanan Cha Se Eum, seorang konduktor orkestra yang telah mencapai puncak prestasi.

Awalnya memulai karir sebagai pemain biola, Cha Se Eum mengejar ambisinya untuk menjadi seorang konduktor, sebuah posisi terhormat yang diidamkan, meskipun berdampak pada timbulnya rasa iri.

Gyeongseong Creature
Drama Gyeongseong Creature menceritakan perjalanan Yoon Chae Ok, seorang perempuan muda yang melakukan perjalanan dari China ke Korea untuk mencari ibunya yang hilang selama 10 tahun.

Chae Ok menunjukkan sifat keberanian dan kemandiriannya yang kuat, dilengkapi dengan keterampilan bertarung yang diwarisi dari ibunya.

Meskipun dihadapkan dengan makhluk-makhluk aneh yang menakutkan di Gyeongseong, termasuk serangan terhadap manusia dan Jepang yang saat itu memerintah kota tersebut, Chae Ok bertemu dengan Kim Jin Hyuk, seorang informan kaya dengan jaringan luas, yang bersedia membantu dalam misinya.

Gyeongseong Creature dijadwalkan tayang perdana pada Bagian 1 pada 22 Desember, dengan Bagian 2 akan dirilis pada 5 Januari.

Film-Film Hollywood (Sumber: https://www.greenscene.co.id/)

Migration
Migration adalah film animasi yang digarap oleh Illumination. Film ini menceritakan tentang keluarga bebek yang harus melakukan perjalanan musim dingin ke Selatan. Tetapi pada akhirnya mereka tersesat di kota New York. Padahal tadinya mereka ingin mengunjungi Jamaika yang memiliki iklim tropis. Rencana mereka berantakan, karena mereka harus menghadapi banyak rintangan yang menggangu untuk mencapai tujuan. Apakah mereka pada akhirnya akan berhasil? Tentunya jawaban itu akan terjawab saat filmnya rilis.

Naskah film Migration ditulis oleh Mike White. Beberapa waktu lalu, Mike White sukses besar dengan film The White Lotus. Sementara itu para pemeran yang terlibat antara lain Kumail Nanjiani sebagai Mack, Elizabeth Banks sebagai Pam, Caspar Jennings sebagai Dax, dan Tresi Gazal sebagai Gwen. Adalagi Awkwafina yang turut terlibat sebagai pengisi suara geng merpati di New York. Migration sendiri disutradarai oleh Benjamin Renner, yang sebelumnya sukses membuat film The Big Bad Fox and Other Tales.

Sementara itu Guylo Homsy bakal berperan sebagai co-sutradara. Tentu saja film ini akan memperlihatkan ciri khas Illumination yaitu humor dan animasi yang memukau. Jika tidak ada halangan lagi, Migration akan rilis tanggal 22 Desember 2023, dan sebelum menyaksikan filmnya, kalian bisa melihat trailernya yang sudah rilis beberapa bulan lalu.

Itulah dia Geeks beberapa film terbaru yang akan rilis pada bulan Desember 2023 mendatang. Film-film tersebut menawarkan cerita yang menarik, dan tentu saja menjadi tontonan yang wajib kalian saksikan di akhir tahun.

Poor Things
Poor Things dibintangi oleh Emma Stone, Willem Dafoe, dan Mark Ruffalo. Film ini sempat ditayangkan terbatas di Venice Film Festival yang digelar pada bulan September lalu. Menariknya, film ini mendapat pujian dari para kritikus sehingga mendapatkan penghargaan Golden Lion. Film yang disutradarai oleh Yunani Yorgos Lanthimos ini, rencananya akan rilis secara publik pada tanggal 8 Desember 2023 mendatang. Dan menariknya, Poor Things digadang-gadang menjadi film yang nominasi Oscar.

Poor Things menceritakan kisah tentang wanita muda yang bangkit dari kematian berkat seorang ilmuwan. Wanita bernama Bella Baxter ini dihidupkan oleh Dr. Godwin Baxter. Tetapi, Bella tidak dihidupkan kembali seperti orang dewasa pada umumnya. Karena Godwin mengganti otak Bella dengan otak bayi. Meski mengalami kebingungan terhadap identitasnya, Godwin kemudian memberikan bimbingan untuk Bella dalam mempelajari hidupnya yang baru.

Bella nantinya akan mempelajari cara hidupnya kembali, dan melakukan perjalanan keliling dunia untuk terus tumbuh. Film berdurasi 2 jam 21 menit ini memang bukan film biasa, karena ada pesan-pesan filosofis yang tersimpan di dalamnya. Filmnya pun mendapatkan label R-Rated sehingga hanya diperuntukkan oleh orang dewasa saja. Belum diketahui apakah Poor Things juga akan rilis di bioskop Indonesia atau tidak.

Ferrari
Film Ferrari memang sudah ditayangkan perdana dalam acara Venice Film Festival 2023. Tetapi film tersebut baru akan melakukan rilis secara publik pada tanggal 25 Desember 2023. Film yang disutradarai oleh Michael Mann ini menceritakan sang pendiri perusahaan mobil Ferrari, Enzo Ferrari, yang mengambil latar di tahun 1950-an. Ketika itu, Enzo bersama istrinya, Laura berjuang untuk mengelola bisnis mereka dengan susah payah. Kehidupan mereka semakin sulit ketika anak sulung mereka, Alfredo Ferrari meninggal dunia di usia muda.

Belum lagi, Enzo ketahuan selingkuh, hingga akhirnya memiliki anak hasil dari perselingkuhan itu. Di saat yang sama, Ferrari juga tengah bersiap untuk mengikuti ajang balapan yang sangat berbahaya dan melelah kan ddi Italia, Mille Miglia. Memang karakter Enzo Ferrari sudah sering diceritakan dalam film, dan sudah beberapa kali berganti aktor. Para aktor yang pernah memerankan Enzo Ferrari antara lain Sergio Castellitto, dan Remo Girone. Sementara di film Ferrari (2023), Enzo Ferrari diperankan oleh aktor Adam Driver.

Film ini memulai syuting pada tahun 2022 lalu, dan mampu mendapatkan sambutan yang hangat ketika rilis perdana di Venice Film Festival. Film inipun diadaptasi dari buku Enzo Ferrari: The Man and the Machine karya Brock Yates yang rilis pada tahun 1991. Naskahnya sempat ditulis oleh Troy Kennedy, namun kemudian diambil alih oleh Michael Mann.

Anyone But You
Anyone But You adalah film dari Sony Pictures yang rencananya akan rilis pada tanggal 22 Desember 2023. Filmnya menceritakan tentang Bea dan Ben yang terpaksa menjalin hubungan asmara setelah mereka terjebak dalam sebuah pernikahan yang tidak dapat mereka hindari. Hubungan mereka justru menjadi situasi yang canggung dan lucu. Mereka pun menjalani hari-hari yang konyol juga, seperti yang diperlihatkan dalam trailer di mana, keduanya mencoba mengikuti adegan ikoik Jack dan Rose di film Titanic.

Anyone But You digarap oleh sutradara Will Gluck. Sebelumnya dia pernah menyutradarai beberapa film besar seperti Peter Rabbit, Annie, dan Friends With Benefits. Gluck tidak hanya menjadi sutradara, karena dia juga turut terlibat sebagai penulis naskah, di bantu dengan Ilana Wolpert. Filmnya akan membintangi beberapa nama seperti Sydney Sweeney dan Glen Powell. Selain itu, ada juga beberapa nama lain seperti Alexandra Shipp, Darren Barnet, Joe Davidson, Hadley Robinson, dan masih banyak lagi.

Syuting film ini berlangsung di Australia dan memakan waktu sekitar satu bulan. Kabarnya, film Anyone But You terinspirasi dari karya William Shakespeare yang berjudul Much Ado About Anything. Film ini pun bergenre komedi romance, sehingga cocok bagi kalian yang ingin menonton film yang menghibur dan santai.

Silent Night
Silent Night menjadi salah satu film paling ditunggu di Desember 2023. Bagaimana tidak? Ini bakalan menjadi film action dengan tema yang “fresh”. Filmnya menceritakan seorang ayah bernama Godlock, yang akan membalaskan dendam atas kematian anaknya. Anaknya meninggal dunia setelah terjebak dalam baku tembak yang terjadi menjelang natal. Dalam kejadian yang sama, Godlock pun terluka parah di lehernya, setelah mencoba melindungi sang anak.

Karena luka tersebut, Godlock harus kehilangan suaranya permanen. Sambil memulihkan lukanya, Godlock pun mempersiapkan rencana balas dendamnya, dan mulai menjalani pelatihan yang berat. Tak lupa, dia pun mencari informasi tentang siapa-siapa saja yang terlibat dalam peristiwa mengerikan itu, dan dia tak ragu untuk mengincar mereka dan menghabisinya. Film ini digambarkan oleh Lionsgate sebagai film yang penuh aksi. Filmnya pun akan diselipi dengan style dari sutradara John Woo, yang sebelumnya pernah membuat film Paycheck di tahun 2003.

Mungkin secara sekilas, film ini bakal mirip seperti John Wick, tetapi sang karakter utama tidak akan berbicara. Film ini akan dibintangi oleh Joel Kinnaman yang sebelumnya sukses membintangi film The Suicide Squad. Selain Kinnaman filmnya juga akan membintangi beberapa nama lain seperti Scott Mescudi, Harold Torres, dan Catalina Sandino Moreno. Film ini direncanakan tayang pada 1 Desember 2023.

Wonka
Wonka menjadi film Warner Bros lainnya, selain Aquaman and the Lost Kingdom. Film yang bakal rilis pada 8 Desember 2023 ini menjadi prekuel dari film Willy Wonka & The Chocolate Factory. Dalam filmnya nanti, Timothee Chalamet lah yang menjadi bintang utama, bukanlagi Gene Wilder. Yap, pasalnya film ini akan berfokus pada karakter Willy Wonka muda, dan bagaimana dia bisa menjadi pembuat cokelat terkenal yang memiliki keanehannya tersendiri.

Wonka nantinya akan mengenalkan diri sebagai pembuat cokelat, dan mulai meracik cokelat yang dia racik sendiri. Racikan itu nantinya akan diberikan kepada seorang wanita yang diperankan oleh Calah Lane. Tentu saja untuk menjadi pembuat cokelat yang handal tidaklah mudah, karena Wonka akan melewati berbagai rintangan. Contohnya yang paling menyulitkan adalah kartel coklat yang menguasai pasar. Tetapi tentu saja Wonka tidak akan menyerah begitu saja, karena dia akan berinovasi agar makanan racikannya ini akan dikenal masyarakat.

Wonka akan disutradarai oleh Paul King. Paul King tidak hanya menyutradarai filmnya, karena naskahnya juga ditulis olehnya sendiri. Dan selain membintangi Timothee Chalamet, Wonka juga akan dibintangi beberapa aktor dan aktris berbakat Hollywood seperti Hugh Grant sebagai Oompa-Loompa, Olivia Colman sebagai Mrs. Scrubbit, Sally Hawkins sebagai ibu Willy WOnka, dan masih banyak lagi.

Aquaman and the Lost Kingdom
Aquaman and the Lost Kingdom menjadi film penutup dari DCEU. Setelah film ini rilis, DC Studios akan beralih ke DCU, dan menghadirkan cerita baru yang dirancang oleh James Gunn sendiri. Dalam Aquaman and the Lost Kingdom, kita akan kembali disuguhkan dengan petualangan baru Aquaman. Aquaman harus kembali menghadapi musuh lamanya, Black Manta. Setelah gagal mengalahkan Aquaman di film pertama, Black Manta masih didorong keinginannya untuk membalas kematian ayahnya.

Diapun ingin mengalahkan Aquaman untuk selamanya. Kali ini, Black Manta lebih tangguh daripada sebelumnya. Pasalnya dia menggunakan senjata Black Trident, yang mampu melepaskan kekuatan kuno dan jahat. Untuk mengalahkan Black Manta, Aquaman harus bersekutu dengan saudaranya, Orm, mantan raja Atlantis, untuk menyelamatkan keluarga Aquaman dan dunia dari kehancuran. Menariknya di sini, Aquaman sudah memiliki anak, hasil hubungannya dengan Mera.

Film Aquaman and the Lost Kingdom akan rilis pada tanggal 22 Desember 2023. Filmnya kembali disutradarai oleh James Wan, dan membintangi beberapa nama lama seperti Jasn Momoa, Patrick Wilson, Amber Heard, dan Yahya Abdul-Mateen II. Filmnya akan berdurasi lebih singkat dari film Aquaman pertama, karena film ini hanya berdurasi 1 jam 55 menit.

Godzilla Minus One
Godzilla Minus One memang sudah rilis di bioskop Jepang. Tetapi film ini masih belum rilis secara global, karena dijadwalkan untuk rilis pada tanggal 1 Desember 2023. Film yang disutradarai oleh Takashi Yamazaki ini mengambil latar pasca Perang Dunia II. Ketika itu, Jepang kalah karena bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Dan meski Jepang tengah terpuruk, mereka juga harus menghadapi ancaman lain yang tidak pernah mereka duga, yaitu Godzilla.

Kaiju yang disebut dengan “Dewa Kehancuran” ini muncul dan membuat Jepang semakin terpuruk. Yang perlu dicatat bahwa film Godzilla Minus One tidak terhubung dengan film-film Godzilla versi Toho yang sudah rilis lebih dulu, termasuk Shin Godzilla. Godzilla dalam film inipun memiliki desain yang baru, dan postur tubuhnya lebih mengerikan lagi. Tubuhnya lebih berotot, dengan bagian kakinya yang terlihat lebih besar daripada biasanya. Punggungnya pun memiliki duri-duri yang lebih banyak dan tajam, yang membuatnya tampil mengintimindasi.

Desain baru ini seperti persilangan dari Godzilla era Heisei dengan Godzilla di Monsterverse. Film ini akan dibintangi oleh beberapa nama beken seperti Ryunosuke Kamiki, Takayuki Yamada, Sakura Andou, dan masih banyak lagi. Menariknya di Rotten Tomattoes, film ini mendapat rating sempurna yaitu 100%. Namun yang harus dicatat bahwa angka tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

(*/Edit:HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 1 =