21 Mei 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pasca Banjir, Kodim 0417/Kerinci Kerahkan Babinsa Bantu Bersihkan Lumpur di Rumah Warga

2 min read

JAMBIDAILY KERINCI – Hujan lebat yang melanda sejumlah daerah dalam kabupaten Kerinci, Rabu sore 24 April 2024 kemaren menyebabkan Desa Semumu, Kecamatan Depati Tujuh, Kabupaten Kerinci terendam banjir.

Selain merendam rumah, banjir juga merendam ruas jalan penghubung antar desa. Akibat banjir tersebut, arus lalulintas lumpuh total. Kendaraan roda dua maupun roda empat tak bisa melintas. Warga pun terisolasi di rumah.

Kodim 0417/Kerinci yang tergabung dalam Tim Satgas Tanggap Darurat langsung terjun ke lokasi membantu warga dan menelusuri penyebab banjir di wilayah tersebut.

Dikutip dari keterangan Danramil 417-03/Air Hangat Kapten Chb Firman mewakili Dandim 0417/Kerinci mengatakan hujan deras yang memicu banjir ini diakibatkan oleh saluran drainase sungai yang tidak bisa menampung besarnya debit air yang masuk.

“Kami lihat bahwa salah satu penyebab banjir, karena saluran bandar yang mengaliri air kecil bahkan tidak normal sehingga airnya melimpah kerumah-rumah warga dan tidak ditutupnya juga pintu air bandar Kasigi sehingga air meluap,” ujar Firman.

Saat menyambangi lokasi banjir, Danramil bersama anggota Babinsa lainnya langsung mendatangi rumah – rumah warga yang terdampak banjir.

Tampak Danramil dan Babinsa bersama warga masyarakat gotong royong membersihkan rumah-rumah warga yang terdampak, jalan dan saluran air dari tumpukan lumpur akibat banjir semalam.

“Kondisi saat ini sudah kembali normal, arus kendaraan juga sudah mulai normal kembali, tadi malam banjir hanya melintas sepintas lalu dan tidak membuat genangan air namun perlu dilakukan pembersihan lumpur akibat banjir itu.” ungkap Danramil.

Sumber : Penrem042/Gapu

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

28 + = 31