20 Mei 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Workshop Seni Pertunjukan dan Sastra Tahun 2024 di TBJ, Resmi Dibuka Kepala Disbudpar Provinsi Jambi

2 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Taman Budaya Jambi di tahun 2024 Kembali laksanakan kegiatan Workshop seni pertunjukan yang terdiri dari Teater, Musik dan Tari, serta Sastra.

Workshop Teater, Tari dan Sastra berlangsung pada 13-14 Mei 2024, lalu Musik pada 15-16 Mei 2024. Rangkaian pelaksanaan resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Jambi, Imron Rosyadi (Senin, 13/05/2024).

Dalam laporannya kepala Taman Budaya Jambi, Eri Argawan yang diwakili oleh Ayu Rahmawati Oktavia membeberkan ada 200 peserta yang turut mengikuti Workshop berasal dari pelajar, mahasiswa juga penggiat seni di Jambi.

“Perlu kami laporkan, bahwa ada 200 orang peserta yang berasal dari pelajar, mahasiswa juga penggiat seni di Jambi tahun 2024,” Ujar Ayu Rahmawati Oktavia.

Sementara itu Imron Rosyadi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jambi menggarisbawahi pentingnya kegiatan Workshop agar dapat lebih mengedepankan kearifan lokal sebagai benteng derasnya budaya luar yang masuk.

“Workshop ini merupakan sebagai ajang untuk saling berdiskusi, berbagi pengalaman. Tentunya kepada peserta manfaatkan sebaik mungkin ilmu-ilmu yang didapat. Saya titip pesan kepada narasumber, terkait etika dan adab kita, kearifan lokal kita agar menjadi filter. Di saat ini sangat deras pengaruh-pengaruh budaya luar yang masuk,” Tutur Imron Rosyadi.

Dia juga menekankan, bagaiman karya seni dan budaya yang memiliki nilai jual dengan potensi ekonomi kreatif “Tentunya ekonomi kreatif menjadi sangat penting, maka bagaimana memiliki nilai jual kedepannya. Sehingga dapat membeerikan kesejahteraan bagi pelaku, penggiat dan seniman di Jambi,” Imbuhnya.

Imron Rosyadi, pada kesempatan ini dalam sambutannya tak lupa mengingatkan, agar karya-karya yang telah tercipta dapat terdaftar serta tercatat sebagai bagian dari Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Seremonial pembukaan Workshop turut ditampilkan karya dari Maiyosta Dance Company koreografer Koreografer Denny maiyosta Sekaligus pendiri maiyosta dance Company daan narasumber wokshop tari kontemporer. (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

62 + = 67