22 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad Dianugerahi Kehormatan Istimewa Sebagai Pembina LAM Provinsi Jambi

2 min read

Jambi – Acara pengukuhan yang bersejarah di Provinsi Jambi berlangsung hari ini Rabu, 3 Juli 2024 di Gedung Balairung LAM Provinsi Jambi, Jl. Yusuf Singadekane Kel. Sungai Putri Kec. Danau Sipin Kota Jambi.

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad, S.I.P., dianugerahi kehormatan istimewa sebagai Pembina LAM Provinsi Jambi dalam acara pengukuhan yang dipimpin oleh Ketua LAM Provinsi Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus, M.M., dan dihadiri oleh Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.M.

Pengukuhan, Pemasangan Lacak (tutup kepala khas adat Jambi) dan Pin LAM Jambi tersebut dilaksanakan langsung oleh Ketua LAM Provinsi Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, M.M (Datuk Tumenggung Putro Joyo Diningrat), sedangkan pemasangan Keris dan penyerahan Piagam Pembina LAM Provinsi Jambi oleh Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.M (Datuk Mangkubumi Setio Alam).

Dalam sambutannya, Ketua LAM Provinsi Jambi, Hasan Basri Agus menyampaikan bahwa pengukuhan ini merupakan hasil dari rapat besar LAM Provinsi Jambi yang disetujui oleh Gubernur Jambi, mengukuhkan sembilan sesepuh pemangku adat Melayu Jambi serta Danrem 042/Gapu sebagai pembina LAM Provinsi Jambi.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris,  mengapresiasi peran LAM Jambi dalam membangun dan melestarikan budaya adat Melayu Jambi selama lima puluh tahun terakhir. Beliau juga menegaskan pentingnya kerjasama untuk menjaga warisan budaya ini dari pengaruh zaman dan perkembangan teknologi.

Sementara itu, usai acara saat ditemui awak media, Danrem 042/Gapu didampingi Sekretaris Umum LAM Provinsi Jambi Bapak Ir. H. Havis Husaini, M.M yang bergelar Adipati Mulyo Dirajo menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Jambi dan Ketua LAM Jambi atas penghargaan yang diterimanya sebagai Pembina LAM ( Lembaga Adat Melayu) Provinsi Jambi.

“Kita berharap LAM Jambi akan terus dilestarikan, kita jaga semua secara bersama-sama. Kegotong-royongan, persatuan dan kesatuan serta saling menghormati tetap  terjaga khususnya di wilayah Provinsi Jambi,”

“Sebagai Pembina LAM Jambi, kita mengayomi sebagaimana yang disampaikan Bapak Gubernur, bersama-sama para sesepuh dan tokoh masyarakat kita menjaga dan melestarikan budaya adat melayu Jambi agar tidak tergerus dengan kemajuan zaman dan arus teknologi,“ Pungkasnya.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Ketua Pengadilan Tinggi Jambi, Direktur Binmas Polda Jambi, Asisten Intelijen Kejati Jambi, Ketua MUI Prov. Jambi, serta para kepala OPD Pemprov. Jambi, dan ulama terkemuka lainnya, menunjukkan kesatuan dan kekompakan dalam upaya melestarikan budaya adat yang berharga bagi masyarakat Jambi.

Dengan pengukuhan Danrem 042/Gapu sebagai Pembina LAM Provinsi Jambi, harapan besar terletak pada peranannya dalam memperkaya dan melestarikan budaya adat Melayu Jambi untuk generasi mendatang.**

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

64 − = 61