16 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Sinergi Bagi Negeri, Sinsen Dorong Pemberdayaan Masyarakat melalui Green Kalcer

2 min read

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – PT Astra Honda Motor (AHM) bersama Main Dealer PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) gelar “ESG Mission, Enganging For Future” dengan mengajak masyarakat ikut aktif bersama sepeda motor Honda dalam mendukung kemajuan di Tanah Air.

Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, sepeda motor Honda berkomitmen untuk terus konsisten berkontribusi dalam sustainability bangsa Indonesia melalui berbagai program Environmental, Social, and Governance (ESG).

Salah satu kegiatan berbasis lingkungan dalam rangkaian program ini adalah kegiatan Green Kalcer yang melibatkan komunitas lingkungan Rumah Kreatif Pemuda Siginjai (RKPS). Pada kegiatan ini, para peserta berkontribusi dalam kegiatan edukasi seputar pengolahan limbah rumah tangga yang secara langsung dimentori oleh R.B. Sutarno yang merupakan pegiat lingkungan dan penerima Kalpataru 2020. Kegiatan edukasi dilakukan melalui pengajaran teori secara daring serta praktik secara langsung di D’Pathi Coffee Jambi yang memiliki suasana pedesaan dengan nuansa kayu.

Program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam mengelola limbah rumah tangga melalui pengomposan sederhana dan pembuatan eco enzyme. Dalam kegiatan pengomposan sederhana, peserta diajarkan teknik dasar untuk menghasilkan kompos dari sisa-sisa organik. Sedangkan, eco enzyme diproduksi sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya di rumah tangga serta memberikan solusi ramah lingkungan untuk kebutuhan sehari-hari.

Corporate Social Responsibility Honda Sinsen Ridha Kusmawar mengatakan kami sangat antusias melaksanakan program Green Kalcer sebagai bagian dari upaya ESG yang lebih luas. Kegiatan Green Kalcer bukan sekedar program pengomposan sederhana dan pembuatan eco enzyme, namun kegiatan ini sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan limbah rumah tangga secara berkelanjutan dan menciptakan lingkungan yang lebih hijau untuk masa depan yang lebih baik.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Honda bukan hanya sebagai perusahaan otomotif, tetapi juga sebagai pendorong perubahan positif dalam praktik lingkungan dan pembangunan masyarakat.

“Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, melalui edukasi dan praktik ini kami berharap dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada masyarakat dalam pengelolaan limbah rumah tangga sehingga dapat menciptakan dampak positif yang nyata bagi lingkungan sekitar” ujar Ridha.

Partisipasi aktif RKPS yang mana salah satu anggotanya merupakan owner produk hasil pengolahan eco enzyme dalam program ini menguatkan komitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan, sekaligus menciptakan sinergi yang lebih luas dalam menjaga kelestarian lingkungan. (*/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

43 + = 46