20 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Juknis Temu Karya Se-Provinsi Jambi Tahun 2023 di Taman Budaya Jambi

3 min read

Salah satu adegan/Dok. Sanggar Seni Kampus Biru

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Budaya tradisi merupakan identitas dan jatidiri suatu kelompok masyarakat yang sudah mewarisi nilai-nilai pemaknaan hidup dan pemegang hak-milik atas proses perkembangan selanjutnya. Perjalanan kesenian tradisi tersebut menembus berbagai dimensi ruang, waktu dan tempat, serta memenuhi atmosfir budaya alam dari masa ke masa; sehingga permaknaan hidup dimaksud mendapat kekayaan nilai bercorak lebih membudaya yang dapat diteruskan atau dilanjuti oleh pemikiran-pemikiran generasi berikutnya.

Dalam menjalani dimensi ruang, waktu dan tempat tersebut ada banyak ragam dan corak seni turut mencampuri problema sosial menjalar dalam urat nadi budaya global dalam wilayah-wilayah tertentu, sehingga pertautan nilai-nilai antar suatu komunitas atau kelompok masyarakat mengalami perkembangan yang melahirkan pola sosial yang baru dalam komunitas dimaksud. Dari opini positif-negatif, hal itu relatif menjadi bagian pandangan makro, namun untuk kebutuhan masyarakat setempat tentunya ini bukan persoalan gampang.

Memutarkan kondisi arah jaman yang berlawanan gerak waktu sangatlah tidak mungkin. Butuh waktu, butuh komitmen yang keras menelusuri jejak tradisi yang menghilang, sehingga timbul upaya pelestarian dan penggalian nilai-nilai kesenian tradisi dari tahun ke tahun. Itulah yang dirasakan sebagian masyarakat kita, bahkan terjadi sekarang ini.

Provinsi Jambi mempunyai komunitas dan subsuku yang beragam, terbentang dari ujung Jabung hingga sudut terpencil di gunung Kerinci mempunyai ciri dan karakter tersendiri. Ditempa dalam sejarah, disempitkan ruang gerak oleh kolonialisme, disenjangkan dengan perbedaan waktu, bahkan dipisahkan oleh jarak; namun komunitas tersebut menyatu dengan satu pandangan menjadi bangsa yang besar, majemuk, dan penuh dengan keanekaan pikir dan pandangan serta memiliki budaya yang berbeda. Namun tujuannya sama, yaitu untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan masyarakat pendukungnya melalui sarana mantera atau do’a yang dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Bertitik tolak pada pandangan di atas kiranya perlu Taman Budaya Jambi mengupayakan percepatan pembangunan kesenian yang bersumber dari akar tradisi di masing-masing tempat guna menghadapai persaingan industri global. Upaya ini diwujudkan dengan salah satunya memperbanyak aktivitasi Taman Budaya Jambi dan berbagai program pemberdayaan kesenian yang bersumber dari budaya tradisi, agar tetap terjaga dan lestari sepanjang jaman. Salah satu ruang dimaksud adalah kegiatan Temu Karya Kabupaten/ Kota.

“Upacara Adat Sebagai Embrio Pengolahan Kekaryaan” sebagai tema Temu Karya Se-Provinsi Jambi Tahun 2023 di Taman Budaya Jambi.

Materi kegiatan Temu Karya Kabupaten/ Kota ini bersifat apresiatif dan nonkompetisi diikuti oleh utusan perwakilan dari Kabupaten/ Kota di provinsi Jambi,
meliputi :

Pergelaran Seni Pertunjukan

  • Materi pergelaran seni pertunjukan merupakan gabungan antara seni musik, seni tari, dan seni teater yang diramu sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan utuh.
  • Bentuk penyajian bebas, merupakan garapan kekinian yang berpijak pada upacara adat yang dimiliki oleh maing-masing daerah. Iringan musik hidup, semua peralatan dan property disiapkan oleh masing-masing peserta.
  • Durasi 30-45 menit.
  • Kegiatan seni bersifat apresiatif non kompetisi, diikuti utusan Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi.
  • Tempat pertunjukan : Panggung Terbuka, dengan spesifikasi ukuran panggung : 12 m x 10 m, tata suara (sound system) dan tata cahaya (lighting) standar.
  • Pengiriman data materi kesenian (berupa foto karya, sinopsis, dan susunan tim produksi) paling lambat diterima panitia pada tanggal 23 Oktober 2023 apabila terjadi keterlambatan pengiriman dan penerimaan data dimaksud, maka panitia terpaksa tidak dapat memasukan data sajian tersebut ke dalam katalog pergelaran seni.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi

SEKRETARIAT
Sekretariat Panitia Temu Karya Kabupaten/ Kota se-Provinsi Jambi
UPTD. Taman Budaya Jambi
Jln. Arbai I No. 9 – 10 Sei. Kambang Jambi

Email: tamanbudayajambi.tbj@gmail.com

Nara Hubung:
Sdri. Ayu, HP/ WA: 0811.7450.758

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 5 =