20 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Juara Harapan 1 Indonesia Tungkal Etnika di Festival Musik Remaja tahun 2023 Taman Budaya Jambi

1 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Indonesia Tungkal Etnika, meraih juara harapan 1 dalam ajang Festival Musik Remaja yang berlangsung 25 s.d 27 September 2023 di Taman Budaya Jambi.

Judul Musik CINCINUT, Komposer: Sopiyan, penata musik: Ade Sulistiawan, para pemusik: M Aldy Saputra, Afriyansyah Saputra, Josua, M Arsyad, Asep, Faisal Afif.

Nyanyjan “cincinut buke’e lawang” merupakan nyanyian tradisional anak disekitaran pesisir kuala tungkal. Nyanyian ini biasanya dinyanyikan ketika anakanak bermain ditepi air (laut/sungai), yang mana cincinut dipegang ditangan dan dinyanyikan. Setelah dinyanyikan maka cincinut kemudian ditiupkan.

Pada nyanyian ini memjljkj aksen up-beat & down-beat yang kuat sehingga menjadi inspirasi untuk menjadikan dalam komposisi musik baru yang berfokus pada pengolahan aksentuasi yang juga menjadi tawaran musik baru dengan formasi kelintang, gongt gendang melayu, kompang, biola, gambus, akordion, dan gitar bass sehingga memberikan warna yang berbeda.

Makna spiral pada motiv cincinut adatah generaüve forces yang berarti suatu kekuatan generasi, hal ini juga menjadi harapan pada karya ini yang menjadi kekuatan pada generasi ini juga sebagai tadisi ini hingga fidak termakan zaman. (*/HN)

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 88 = 97