20 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Komula SMA Al Falah Jambi Juara 3 Festival Musik Remaja tahun 2023 di Taman Budaya Jambi

1 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Komula SMA Al Falah Jambi, meraih juara ketiga dalam ajang Festival Musik Remaja yang berlangsung 25 s.d 27 September 2023 di Taman Budaya Jambi.

Judul Musik ‘Besyair Beselang’ dengan komposer Komula, dan para pemusik: Farel, Ardha, Ghozi, Dhimas, Fabian, Rasyad, Sean, Zaki, Tri, Dianto.

Karya komposisi musik ini berjudul besyair beselang, besyair yaitu melagukan suatu sastra lisan dan beselang artinya mengerjakan suatu hal secara begotong-royong.

Pengkarya mengambil unsur musikal dari salah satu kesenian musik fradisi lisan yaitu krinok yang berasal dari rantau pandan muaro bungo dengan memadukannya dengan unsur non musikal yang berangkat dari upacara beselang nuai yang mana upacara ini merupakan upacara tahunan masyarakat rantau pandan yang berkegiatan memotong /panen padi yang dilakukan secara bersama-sama di umo (sawah).

Komposisi ini merupakan karya musik programa yang mengandung unsur narasi (cerita) dengan menggunakan beberapa tekhmk dan konsep musikal diantaranya, Canon, harmoni, contrapung, unisono, dan dinamic. Musik ini dibuat menjadi 3 bagian, dibagian pertama menginterpretasikan suasana umo (sawah), dibagian ke-2 menginterpretasikan masyarakat yang bekerja menuai padi secara gotong-royong dan di bagian ke-3 menginterpretasikan kebahagiaan masyarakat yang menerima hasil panen yang baik. (*/HN)

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

89 − = 85