3 Oktober 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kabupaten Batanghari dan Sarolangun, Dalam Temu Karya Se-Provinsi Jambi Tahun 2023 di TBJ

3 min read

Peserta dari Kabupaten Sarolangun/Foto: Hendra_JambidailyDOTcom

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi melalui UPTD Taman Budaya Jambi, akan membuka secara resmi pada 1 November 2023 gelaran Temu karya Kabupaten/kota dalam provinsi Jambi dan Pameran Seni rupa se-provinsi Jambi.

Perhelatan tersebut untuk temu karya berlangsung pada 1 s.d 3 November 2023, pameran seni rupa 1 s.d 5 November 2023 terbuka bagi umum untuk menyaksikannya dan tidak dipungut bayaran.

Kegiatan Temu Karya berlangsung di Halaman terbuka Taman Budaya Jambi, di Jalan Sei Arbai I, Sungaikambang kecamatan Telanaipura, kota Jambi.

Malam Kedua (Kamis, 02/11/2023) menghadirkan Kabupaten Muarojambi, Tanjungjabung Barat, Batanghari, Sarolangun dan Kabupaten Tebo

(Peserta dari Kabupaten Batanghari/Foto: Hendra_JambidailyDOTcom)
(Peserta dari kabupaten Batanghari/Foto: Wildan_JambidailyDOTcom)

Bako Lantang, Asal Kabupaten Batanghari
Judul Karya SENANDUNG MUJUK SELANG DAN TARI NGEBENG

Senandung Mujuk Sialang merupakan lantunan syair-syair berupa pantunpantun yang digunakan sebagai alat pembujuk dalam proses pengambilan madu hutan dibatang selang yang besar dan tinggi tempat hinggapnya lebah hutan, senandung ini sebagai alat mediasi pendekatan supaya tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan dan bentuk hormat kita kepada sesama makhluk ciptaan Allah Swt, Selanjutnya disambut dengan Tari Ngebeng

Ngebeng adalah Nari atau nyoget dengan Bebacian dimana penari laki–laki berpakaian wanita ( kebaya) yang dihias sedemikan rupa sehingga menyerupai wanita, karena jaman dahulu wanita dianggap tabu untuk berkesenian apa lagi Menari serta sangat memegang teguh ajaran agama islam, di Rambutan Masam gerakan ngebeng itu Identik dengan ayam Ngepek sehingga gerakan yang dimainkan hampir menyerupai Ayam yang lagi mendekati pasangannya dengan mengembang-ngembakan sayapnya, ngebeng ini biasa ditampilkan ketika Hajatan Penganten, Beselang, Pesta Rakyat dan menyambut tamu-tamu kehormatan, yang datang ke Desa Rambutan Masam, Sekarang Tari ngebeng ini ditata dan dikombinasikan dengan penari- penari muda Sanggar seni Bako Lantang, yang menjadi latar dari tari Ngebeng ini.

Kabupaten Tebo, Tanjab Barat dan Muarojambi, Dalam Temu Karya Se-Provinsi Jambi Tahun 2023 di TBJ

(Peserta kabupaten Sarolangun/Foto: Hendra_JambidailyDOTcom)
(Peserta dari kabupaten Sarolangun/Foto: Wildan_JambidailyDOTcom)

Puti Bathin Entertainment, Asal Kabupaten Sarolangun
Judul Karya MUNTING

Saat hendak menikah, anak perempuan akan dihadiahi ‘merawa’ sebuah bunga yang dibawahnya terdapat buah kelapa yang dililit dengan kain panjang dan diletakkan diatas kepala untuk kemudian diarak bersama pengantin wanita pada saat prosesi khatam Kaji masyarakat Batangasai di kabupaten Sarolangun.

Merawa merupakan simbol derajat tinggi perempuan dalam keluarga, karena memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan keluarga dengan menepis keinginannya. Sedangkan Munting adalah sebuah karya yang merepresentasikan Khatam kaji, merawa dan tanggung jawab perempuan sebagai ibu.

Malam Ketiga (Jum’at, 02/11/2023) mulai pukul 19.30 wib menghadirkan Kota Jambi, kabupaten Tanjungjabung Timur, Merangin, Kerinci, Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Bungo. (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 45 = 54