Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pandemi, Herbal Biji Salak Makin Diminati untuk Menjaga Stamina

4 min read

JAMBIDAILY KESEHATAN-Salah satu upaya menghadapi era Pandemi Covid-19 masyarakat harus mematuhi Prokes dengan penuh kesadaran melalui kegiatan 5 M.

Disamping menjaga prokes, masyarakat harus senantiasa memenuhi kebutuhan nutrisi agar kebugaran tubuh terus terjaga. Salah satunya mengkonumsi makanan dan minuman herbal

Tak heran usaha ramuan herbal dengan bahan biji buah salak yang diproduksi menjadi serbuk berkhasiat di Dukuh Gunungwijil, Desa Dukuh, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, menerima permintaan meningkat di masa pendemi Covid-19

Seorang usaha ramuan herbal serbuk biji salak, Putut Tetuko, di Ampel Boyolali, Kamis, mengatakan, sejak pandemi Covid-19, banyak masyarakat mencari ramuan herbal seperti empon-empon yang diyakini mampu meningkatkan ketahanan tubuh manusia untuk menjaga kesehatan.

Menurut Putut Tetuko minuman rempah atau empon-empon seperti jahe, temulawak, kencur dan lainnya populer saat pandemi Covid-19 untuk meningkatkan imun tubuh.

Bahkan, dirinya yang membuat ramuan biji salak yang diproses menjadi serbuk diyakini masyarakat kaya akan manfaat, bisa mengobati segala jenis penyakit dan menjaga ketahanan tubuh.

Menurut dia, produksi serbuk biji salak terus meningkat pada 2020 hingga sekarang rata-rata hingga mencapai 2 ton per bulan. Padahal, awal produksi serbu biji salak hanya puluhan kilogram, tetapi masa pandemi mencapai 2 ton per bulan.

Dikutip dari laman https://coffeeland.co.id, ada sejumlah manfaat serbuk biji salak bagi kesehatan.  Kandungan yang terdapat di dalamnya meliputi kandungan protein, mineral, lemak, selulosa, pati, karbohidrat dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh.

Lalu apa saja manfaat dan khasiat kopi biji salak untuk kesehatan, berikut adalah beberapa manfaat dari kopi biji salak:

  1. Mengatasi Asam Urat

Mengonsumsi kopi ini menjadi salah satu obat alternatif alami untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Kopi ini juga dapat mencegah terjadinya rematik, nyeri otot serta dapat mengurangi rasa nyeri pada bagian persendian yang di timbulkan oleh asam urat. Dengan mengonsumsi kopi ini secara rutin dapat menyembuhkan penyakit asam urat ini.

  1. Memperlancar Sistem Pencernaan
BACA JUGA:  Tenaga Pendidik SD Kartika II-4 Yayasan Kartika Jaya Koordinator Korem 042 Gapu di Rapid Test

Bermanfaat untuk menjaga pencernaan, dan juga membantu memperlancar sistem pencernaan. Kandungan serat yang dimiliki oleh kopi ini dapat memperlancar sistem pencernaan. Kopi ini juga dapat mencegah sembelit serta dapat melegakan lambung yang terasa mual.

  1. Menambah Tenaga

Menambah ketahanan dalam tubuh merupakan salah satu fungsi dari kopi ini. Dengan adanya protein yang di dukung dengan adanya karbohidrat mampu memenuhi kebutuhan energi harian yang di butuhkan. Dengan meminum kopi ini dapat menjadi salah satu cara untuk menambah tenaga di dalam tubuh. Kopi ini lebih segar di bandingkan dengan kopi-kopi lainnya karena ada aroma salak yang masih segar.

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Mengonsumsi kopi ini juga dapat membantu konsentrasi pada seseorang dalam setiap proses pembelajaran baik pelajaran formal ataupun non formal. Bukan hanya itu kopi ini juga dapat menambah daya otak untuk memiliki pola pikir yang bervariasi untuk membantu perkembangan otak. Dengan bertambahnya konsentrasi itu berarti pola pikir, daya ingat, serta kecerdasan akan semakin meningkat. Otak mengirimkan sinyal kepada bagian tubuh lainnya sehingga menjadi lebih cepat untuk mengingat serta lebih peka dalam menghadapi setiap kondisi yang akan dialami.

  1. Meningkatkan Kinerja Otot

Kandungan protein yang terdapat didalamnya memiliki manfaat yang sangat baik bagi otot. Dengan mengkonsumsi kopi biji salak ini dapat membantu kinerja otot dan membantu proses yang memili kaitan dengan sistem saraf yang membantu dalam pembentukan awal sistem saraf tersebut. Kopi biji salak juga mampu menjadikan otot lebih kuat sehingga akan lebih bertenaga serta tidak mudah lelah

  1. Mencegah Hipertensi

Kopi ini juga mampu memperlancar sistem peredaran darah. Kandungan oksigen yang di berikan oleh minuman ini dapat di edarkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah yang lancar. Dengan aliran darah yang lancar itu artinya kandungan oksigen telah terpenuhi. Dengan mengonsumsi minuman ini dapat mengurangi risiko serta mencegah terjadinya hipertensi ataupun tekanan darah tinggi dan menjadikan tubuh lebih kuat.

  1. Dapat Mengobati Disentri dan Diare
BACA JUGA:  Fachrori Energizes Medics on Takbir Night

Diare dan disentri merupakan salah satu gangguan pada pencernaan, yang biasanya ditandai dengan rasa sakit dan perih di lambung serta sulit buang air besar. Anda jangan khawatir kami memiliki solusinya dengan minum masalah yang anda alami akan terobati dan anda dapat melanjutkan aktivitas seperti biasa.

  1. Mencegah Risiko Terkena Kanker

Khasiat kopi biji salak lainnya bisa mencegah risiko terkena kanker. Antioksidan yang ada di dalam kopi ini akan sangat membantu untuk mengurangi serta mencegah risiko terkena kanker. Kopi ini mampu menurunkan 25% risiko terkena penyakit kanker.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Kopi di ketahui memiliki sifat anti bakteri. sifat anti bakteri ini dapat mengurangi bakteri pada mulut serta mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Sebaiknya hindarilah penambahan gula karena gula dapat memicu pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

  1. Mengurangi Serta Mencegah Risiko Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang menyerang otak serta sulitnya mengingat dan mengurangi daya konsentrasi. Penyebab timbulnya penyakit ini ialah kerusakan sel-sel otak yang membuat otak tampak mengecil, masalah ini biasanya sering menyerang pada pasien yang berusia lanjut. Kandungan yang terdapat pada minuman ini mampu mengurangi peradangan pada otak yang menyebabkan penyakit Alzheimer. Dengan mengonsumsi minuman ini secara kita dapat mencegah timbulnya penyakit tersebut.(*)

 

Editor: Hery FR/berbagai sumber

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *