29/11/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Jelang Final Festival Dul Muluk, Teater Arasy MAN 1 Sungaipenuh Sambangi PTI Korda Jambi

3 min read

Ketua PTI Korda Jambi (Berbaju Merah) bersama Teater Arasy

JAMBI WONDERFUL – Pelajar MAN 1 Kota Sungaipenuh, yang tergabung dalam Teater Arasy sambangi Sekretariat Pelaku Teater Indonesia (PTI) Korda provinsi Jambi (Selasa, 26/10/2021) jelang berkompetisi pada Festival Dul Muluk 28-30 Oktober 2021 di Komplek Percandian Muarojambi.

Diikuti puluhan peserta, Teater Arasy tampil apik sehingga mampu menjadi salah satu peserta yang lolos kurasi sebagai finalis 5 besar festival Dul Muluk bertajuk “Kecik Sakti, Gedang Betuah” diselenggarakan Teater AiR dan didukung penuh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Hasil tersebut menjadikan Teater Arasy berhak pergelaran secara langsung di Komplek Percandian Muarojambi “Kami berhasil lolos 5 besar, dan diundang pergelaran secara langsung oleh penyelenggara Festival Dul Muluk,” Jelas Medi Saputra,S.Sn selaku Guru pendamping & Sutradara.

Berbincang dengan jambidaily.com, Medy menuturkan bahwa kehadiran Teater Arasy mendapat dukungan dari kepala MAN 1 Kota Sungaipenuh “kepala MAN 1 Kota Sungaipenuh, Bapak Asmir Samin, S.Ag., M.Pd.I, memberikan dukungan penuh kepada Teater Arasy yang akan berkompetisi pada ajang festival Dul Muluk. Semoga dapat memberikan yang terbaik bagi MAN 1 khususnya dan Kota Sungaipenuh umumnya,” Tutur Medi.

Teater Arasy pada festival Dul Muluk, menampilkan pergelaran dengan judul SIJUNDAI yang akan digawangi oleh Randa Deski Hidayat, Arief Maulana, Mohd. Rakis Operasendi, Frisky Andika, Leyli Erna Sari, Ingrid Septya Wahyuni, dan Gita Nayzha.

Pada kesempatan ini, Teater Arasy mendapat sambutan hangat dari Hendry Nursal, Ketua PTI Korda Jambi saat berkunjung ke Sekretariat yang berada di Taman Budaya Jambi “Rekan-rekan, adalah orang-orang terpilih dan berhasil hadir selaku finalis, jaga semangat untuk dapat memberikan yang terbaik bagi sanggar, sekolah, bahkan kota Sungaipenuh dalam ajang ini,” Tutur Hendry Nursal.

BACA JUGA:  Pergelaran Hari Pertama Temu Teater Se-Sumatera di Taman Budaya Jambi

Dia mengapresiasi adanya semangat-semangat muda dalam pelestarian seni tradisi, karena itu adalah kekayaan bangsa Indonesia “Terima kasih telah berkesempatan hadir ke Sekre PTI Korda Jambi, Semangat muda ini sangat kita butuhkan dalam pelestarian dan pewarisan seni tradisi yang merupakan kekayaan bangsa Indonesia,” Katanya.

“Jangan jadikan lomba sebagai beban, tetapi berikanlah yang terbaik, tampil maksimal. Menang atau kalah adalah bonus atas perjuangan. Kalau kalah jangan berkecil hati, menang jangan pula besar hati,’ Tambahnya mengakhiri.

Teater Arasy “Gapai Puncak Tertinggi Untuk Negeri Dengan Seni”

Teater Arasy adalah kelompok kegiatan seni siswa yang berada di MAN 1 Kota Sungaipenuh, Provinsi Jambi. Terbentuk pertama kali pada penghujung tahun 2019 berkat gagasan ide dari seorang guru seni budaya bernama Medi Saputra.

Teater Arasy mencoba memberikan wadah belajar tentang seni khususnya teater kepada siswa/i MAN 1 Kota Sungaipenuh. Diawal terbentuknya, Teater Arasy sudah memberanikan diri untuk ikut mencari pengalaman di panggung Teater Arena Taman Budaya Jambi pada gelaran acara Festival Teater Remaja tahun 2019.

Kegiatan rutin kemudian selalu dilakukan, mulai dari latihan, apresiasi pertunjukan, kunjungan dan silaturahmi ke sanggar-sanggar, hingga rutin mengikuti berbagai perlombaan. Kini teater arasy juga memperluas wilayah belajarnya ke seni musik dan tari hingga terbentuk Sanggar Seni Arasy. Sejak tahun 2019 berbagai prestasi sudah mulai ditorehkan oleh punggawa Arasy, diantaranya:

– Peserta FTR Taman Budaya Jambi tahun 2019
– Juara 3 dan Harapan 1 Festival Band se-Kota Sungaipenuh
– Juara Harapan 1 Lomba Drama Musikal Perjuangan tingkat Provinsi Jambi tahun 2020
– Juara Harapan 2 Lomba Drama Musikal Perjuangan tingkat Provinsi Jambi tahun 2021
– 5 Kelompok terpilih Festival Dul Muluk tingkat Provinsi Jambi tahun 2021

BACA JUGA:  Lapuanja Terima Kunjungan Baksos TP PKK Muarojambi, Triana Agustin: Lapas Bukan Lagi Penjara

Hingga saat ini Arasy terus berproses dan meregenerasi anggotanya untuk tetap berbagi ilmu dan pengalaman dibidang kesenian. Memiliki motto “Gapai Puncak Tertinggi Untuk Negeri Dengan Seni” membuat Arasy akan selalu yakin untuk menjadi kelompok yang bermanfaat dalam berkesenian baik untuk masyarakat maupun anggotanya. (*/HN)

 

1 thought on “Jelang Final Festival Dul Muluk, Teater Arasy MAN 1 Sungaipenuh Sambangi PTI Korda Jambi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *