27/09/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Garda Wanita Malahayati NasDem Kota Jambi ‘Door to Door’ Berikan Santunan Kepada Anak Yatim di Momen 10 Muharram

3 min read

Ketua DPD Garnita Malahayati NasDem kota Jambi, Faradiba Oktaria SE,M.AK/Foto: Ist

JAMBIDAILY PERISTIWA – Garda Wanita (Garnita) Malahayati partai Nasional Demokrat (NasDem) kota Jambi terus memberikan contoh positif bagi siapapun untuk saling berbagi, saling merasakan dan kepedulian terhadap sesama (Senin, 08/08/2022).

Kali ini Ketua DPD Garnita Malahayati NasDem kota Jambi Faradiba Oktaria SE,M.AK, memberikan santunan kepada anak yatim di momen 10 Muharram 1444H.

“Umat islam pada 10 muharram menjalankan puasa Asyura, puasa sunnah yang mustahab dan dianjurkan Rasulullah. Sebab, banyak keutamaan dan hikmah di dalamnya. Maka di saat kita berpuasa, kita bersedekah tentunya mengharapkan ridho Allah SWT,” Ujar Faradiba Oktaria, kepada jambidaily.com

“10 Muharram ini adalah bulan yang baik dimana kita dilimpahkan keberkahan oleh Allah SWT apalagi dengan kegiatan santunan anak yatim ini adalah moment yang sangat baik dan dilimpahkan keberkahan untuk kita terus peduli dan membantu anak yatim piatu,” Tambahnya.

Untuk penambah pengetahuan dari referensi yang dibaca, Keutamaan puasa Asyura (10 Muharram) sebagaimana diriwayatkan dalam hadits dari Abu Qatadah, bahwa puasa asyura tersebut bisa menghapus dosa-dosa kita selama setahun yang telah lalu (HR Muslim 2/819).

Imam An Nawawi ketika menjelaskan hadits di atas beliau berkata: “Yang dimaksud dengan kaffarat (penebus) dosa adalah dosa-dosa kecil, akan tetapi jika orang tersebut tidak memiliki dosa-dosa kecil diharapkan dengan shaum tersebut dosa-dosa besarnya diringankan, dan jika ia pun tidak memiliki dosa-dosa besar, Allah akan mengangkat derajat orang tersebut di sisi-Nya.

Selain itu, keutamaan puasa Asyura lainnya merupakan salah satu puasa sunnah terbaik setelah puasa Ramadhan. Sebab, Puasa Asyura masuk dalam lingkup Puasa Muharram.

Maka Ketua DPD Garnita Malahayati NasDem kota Jambi, turut menjalankan beberapa jenis amalan yang hendaknya diperbanyak selama bulan Muharram sesuai klasifikasi Para ulama dikutip dari laman cimahi.pikiran-rakyat.com, yaitu:
1. Melakukan shalat
2. Berpuasa
3. Menyambung silaturahim
4. Bersedekah
5. Mandi
6. Memakai celak mata
7. Berziarah kepada ulama (baik yang hidup maupun yang meninggal)
8. Menjenguk orang sakit
9. Menambah nafkah keluarga
10.Memotong kuku
11.Mengusap kepala anak yatim
12.Membaca Surat al-Ikhlas sebanyak 1000 kali

BACA JUGA:  BPD KKSS Tanjab Barat Resmi Dilantik, Syufrayogi Syaiful : Semoga Bisa Berkontribusi dengan Pemerintah 

Menariknya Santunan dibagikan Ketua DPD Garnita Malahayati NasDem kota Jambi langsung ‘Door to door’ kepada anak-anak warga di kecamatan Pelayangan kota Jambi. Dan dia dengan penuh keceriaan menyemangati, mengajak berbicara serta memberikan energi positif bahkan menggendong salah satu anak.

“Santunan dibagikan kepada anak-anak warga kecamatan pelayangan yang yatim ataupun yatim piatu, yang sudah tidak punya bapak maupun kedua orang tua,” Jelas Faradiba Oktaria, dengan senyum khasnya.

Ketua DPD Garnita Malahayati NasDem kota Jambi juga menuturkan bahwa memberi ialah contoh positif dan dapat mendorong bagi siapapun untuk saling berbagi, saling merasakan serta kepedulian terhadap sesama.

“Ini bukanlah ajang pamer, biarlah niat baik kita dinilai sang kuasa dan semoga menjadi amal baik. Semoga contoh positif dapat menginspirasi semua orang untuk saling berbagi, saling merasakan dan kepedulian terhadap sesama, sudah sewajarnya kita saling berbagi.  Kedepan dengan adanya kegiatan ini membuat kami lebih mendapat keberkahan dan pahala yang berlimpah, juga kami akan terus peduli apalagi itu kegiatan sosial. Sangat mendukung kegiatan yang bersosial seperti ini apalagi bersentuhan dan dapat membantu langsung masyarakat, dan kami akan terus membuat kegiatan-kegiatan sosial lainnya yang tentu akan bermanfaat bagi masyarakat banyak dengan adanya Garnita Kota Jambi ini,” Beber Wanita energik berparas cantik ini.

Diapun berpesan kepada generasi muda bangsa Indonesia pada umumnya bangsa Indonesia memiliki identitas serta arah tujuan yang sama, sehingga ancaman perpecahan akan lebih mudah terjadi. Jadi, pengamalan nilai-nilai Pancasila dapat berupa sikap yang ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Tidak hanya perintah agama, namun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pancasila juga mengamanahkan itu. Kita bisa menunjukan dan mengamalkannya dengan berbagi, kegiatan hari ini menjadi contoh sikap gotong royong,” Kata Faradiba Oktaria. (*/HN)

1 thought on “Garda Wanita Malahayati NasDem Kota Jambi ‘Door to Door’ Berikan Santunan Kepada Anak Yatim di Momen 10 Muharram

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :