29/01/2023

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Zander Subagja Sutradara Terbaik Festival Teater “Telusur Tanah Berjejak” di Taman Budaya Jambi, Berikut Para Pemenang

2 min read

Zander Subagja, Sutradara Terbaik Festival Teater "Telusur Tanah Berjejak" Tahun 2022

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Zander Subagja Sutradara Terbaik Festival Teater “Telusur Tanah Berjejak” bertema Upacara Adat yang berlangsung 26 s.d 27 Agustus 2022 di Taman Budaya Jambi.

Festival ini dilaksanakan Pemerintah provinsi Jambi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Jambi UPTD Taman Budaya Jambi, didukung penuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Dirjen Kebudayaan dalam bingkai Dana Alokasi Khusus (DAK).

Menurut Eri Argawan Kepala Taman Budaya Jambi (Jum’at, 26/08/2022) bahwa Sekumpulan masyarakat menggunakan upacara adat sebagai media pewarisan norma-norma, adat istiadat dan kaidah-kaidah luhur dalam falsafah hidup. Hasil akhir yang dijelaskan dengan analisis sosiologis dan psikologis yaitu setiap budaya memiliki nilai-nilai sebagai akibat perilaku khusus setiap orang dalam budaya tersebut.

“Untuk mencari keseimbangan dalam tatanan kehidupan, masyarakat menggunakan nilai-nilai dan norma-norma kehidupan yang tumbuh di lingkungannya. Dengan begitu, untuk kebutuhan masyarakat setempat dibuat nilai-nilai dan norma-norma yang sesuai dimana nantinya akan menjadi adat istiadat. Setiap daerah memiliki adat istiadat mereka sendiri dan adat istiadat tersebut mewujudkannya dalam bentuk tata upacara. Hubungan antara alam dan manusia tidak dapat dipisahkan karena hubungan mereka mempunyai nilai-nilai sakral yang sangat tinggi,” Jelas Eri Argawan.

(Eri Argawan, Kepala Taman Budaya Jambi)

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa upacara adat yaitu sifatnya turun temurun yang pelaksanaannya sangat disiplin menurut adat kebiasaan masyarakat yang dianggap sebagai bentuk permohonan atau sebagai ucapan terima kasih. Dalam melaksanakan upacara adat suatu masyarakat pada umumnya sangat menarik. Banyak sekali keanekaragaman upacara-upacara adat atau tradisi yang ada di Indonesia. Dengan adanya upacara adat ini sangat menambah keberagaman budaya Indonesia.

“Sebagai sebuah sumber garapan penciptaan karya seni, upacara adat tentu merupakan hal yang sangat menarik karena memiliki konsep/ ide gagasan, tata cara pelaksanaan serta nilai-nilai filosofi yang dapat digali. Oleh sebab itu, Taman Budaya Jambi sebagai lembaga pemerintah yang bergerak di bidang pelestarian, pengembangan, pembinaan dan pemanfaatan budaya akan melaksanakan Festival Teater Remaja Tahun 2022 dengan tujuan melaksanakan pewarisan terhadap keberadaan budaya dari masa ke masa berupa kegiatan laboratories seperti pengkajian, revitalisasi, pengolahan dan eksperimentasi seni yang ditujukan untuk generasi muda sebagai bentuk upaya penanaman kepedulian dengan menciptakan ruang pemikiran dan kecintaan budaya lokal dalam bentuk seni teater.

BACA JUGA:  Masnah Gagas Cagar Budaya di Saresehan Muaro Jambi
(Teater Arasy, Juara 1 Festival Teater “Telusur Tanah Berjejak” Tahun 2022)

Dalam festival teater dengan Juri Yanusa Nugroho, Putra Agung dan Titas Suwanda memilih Terbaik 1 hingga 3, Favorit 1 dan 2, lalu Aktor, Aktris serta Sutradara terbaik, berikut para pemenangnya:

Juara 1 Arasy MAN 1 Kota Sungaipenuh
Berjudul: Kesumat Sunat
Sutradara: Medi Saputra

Juara 2 Sanggar Seni S
Berjudul: Lebah Madu Sialang
Sutradara: Zander Subagja

Juara 3 Ananda Sekato
Berjudul: Bantai Adat
Sutradara: Bustomi

Favorit 1 Teater Kerlip
Berjudul: Ngabitujang
Sutradara: Nasywa Nazhifa Aqilla

Favorit 2 Rasi
Berjudul: Naek Bubung
Sutradara: Medi Saputra

Aktor Berbakat: Agung-Himabindo
Aktris Berbakat: Lala-Sanggar Seni S
Artistik Terbaik: Teater Alief
Sutradara Terbaik: Zander Subagja

 

Print Friendly, PDF & Email

1 thought on “Zander Subagja Sutradara Terbaik Festival Teater “Telusur Tanah Berjejak” di Taman Budaya Jambi, Berikut Para Pemenang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :