26 September 2023

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Bakti Lingkungan Djarum Foundation di Candi Muaro Jambi

3 min read

JAMBIDAILY JAMBI – Bakti lingkungan Djarum Foundation tanam 11.920 pohon dan semak di kawasan cagar budaya nasional (KCBN) candi Muaro Jambi (Rabu, 23/08/2023).

Menariknya provinsi Jambi merupakan pertama di pulau Sumatera yang disinggahi Djarum Foundation dalam kegiatan Siap Sadar Lingkungan (Darling).

Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji, menyebut Gerakan Siap Darling merupakan program bakti lingkungan oleh Djarum dan dalam sambutannya dia menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Jambi

“Gerakan ini merupakan bentuk bakti Djarum Foundation dalam melestarikan lingkungan, dan saya berterima kasih kepada Bapak Gubernur yang telah mendukung gerakan ini,” Ujar Panji yang juga disaksikan ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

Disisi lain, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi Agus Widiyatmoko menjelaskan Candi Muaro Jambi merupakan pusat pendidikan sejak Abad ke-7 maka dia mengajak para generasi muda untuk melestarikan cagaru budaya.

“Candi kita ini merupakan pusat pendidikan sejak abad ke-7 sampai abad ke-12. Oleh karena itu, saya mengajak kepada generasi muda untuk bersama-sama melestarikan cagar budaya dan alam di sekitarnya,” jelas Agus.

Gubernur Jambi, Al Haris menyambut kehadiran Djarum Foundation melalui Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) selain kepedulian terhadap lingkungan, juga melindungi kawasan warisan sejarah, penanaman pohon dan penghijauan juga menjadi salah satu langkah penting untuk mengurangi perubahan iklim.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Djarum Foundation melalui Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) dan seluruh pihak atas keterlibatan dan kolaborasinya dalam upaya pelestarian lingkungan melalui aksi penghijauan dan penanaman pohon. Kepedulian korporasi terhadap lingkungan seperti yang dilakukan Djarum Foundation selain untuk melindungi kawasan warisan sejarah, penanaman pohon dan penghijauan juga menjadi salah satu langkah penting untuk mengurangi perubahan iklim,” Urai Al Haris

Selain itu, menurut Gubernur Jambi bahwa semua berharap kolaborasi Djarum Foundation yang menggandeng generasi muda melalui Generasi Sadar Lingkungan (Siap Darling) diharapkan dapat menjadi salah satu instrumen regenerasi untuk menggaungkan pelestarian lingkungan secara berkelanjutan.

Dan Ajakan terhadap generasi muda untuk melestarikan lingkungan diharapkan akan mendorong kepedulian sekaligus kreativitas dan inovasi kaum muda untuk turut berkontribusi dalam upaya.

“Langkah pelestarian dan menjaga lingkungan ini harus menjadi upaya dan kolaborasi yang melibatkan seluruh komponen masyarakat. Saya berpesan kepada pemerintah daerah, pihak terkait serta seluruh masyarakat yang berada di Kawasan Cagar Budaya Candi Muarojambi untuk turut merawat dan menjaga pohon yang telah ditanam dalam kegiatan ini, maupun tanaman dan pohon yang sudah ada di sekitar kawasan Candi Muarajambi, sehingga keseluruhan langkah dan upaya ini akan membuahkan hasil yang optimal, demi kelestarian lingkungan keanekaragaman hayati yang berada di dalamnya,” Pungkas Al Haris.

Gerakan Siap Sadar Lingkungan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Gubernur Jambi serta unsur Forkopimda lingkup Pemerintah Provinsi Jambi di kawasan Candi Kedaton. Setelah sesi diskusi, Ratusan mahasiswa juga melakukan penanaman pohon di kawasan Candi Gumpung.  (*/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

51 + = 52