19 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Basarnas, Polairud, dan Damkartan Kota Jambi Bergegas Mencari Pria Diduga Tenggelam di Sungai Batanghari

2 min read

ilustrasi

JAMBIDAILY PERISTIWA – Kantor SAR Jambi menerima informasi dari Kapolsek Pelayangan bahwa Telah terjadi Kondisi Membahayakan Manusia 1 Orang Tenggelam saat mencari Besi di Sungai Batanghari tepatnya di Kecamatan Niaso Kab Muaro Jambi pada (Minggu, 24/12/23) Pukul: 18.00 Wib.

“Untuk Kronologi yang kita terima bahwa Korban adalah Penyelam Tradisional yang kesehariannya Mencari Besi di Dasar Sungai Batanghari. Pada Penyelaman Sore Hari (24/12/23) Korban tidak muncul ke permukaan diduga karena adanya permasalahan di Peralatan dan diduga Korban tenggelam,” Ungkap Kornelis, Kepala Kantor SAR Jambi (Senin, 25/12/20230

“Setelah mendapatkan Informasi tersebut, Tim Rescue Kantor SAR Jambi bergerak menuju Lokasi Untuk melakukan Pencarian dengan membawa Peralatan Water Rescue, Rubber Boat, Aqua Eyes, dan Peralatan Evakuasi. Pagi ini (25/12/23) tim akan Melaksanakan Penyisiran menggunakan Rubber Boat bersama dengan Instansi Terkait dan Warga” tutupnya.

(Mustari Affandi (Baju Putih) bersama Tim Rescue Damkartan/Foto: Ist)

Sementara itu, Mustari Affandi, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kota Jambi dalam keterangan tertulis yang diterima jambidaily.com (Senin, 25/12/2023) menyebut Pada Hari Minggu 24 Desember 2023 Sekira Pukul 16.05 wib.

Korban mengajak temannya yang bernama Rio untuk berangkat ke Desa Niaso dengan tujuan menyelam besi menggunakan sepeda motor, sesampainya di Lokasi dengan menggunakan tali yang di ikat di pinggang, Korban segera menyelam.

Sedangkan Teman korban (Rio) memegang tali di pinggir Sungai, penyelaman dilakukan, selang 5 menit korban naik kepermukaan untuk mengambil nafas. Kemudian dilakukan berulang hingga dua kali, penyelaman yang kedua korban tidak muncul kepermukaan, hingga membuat teman korban merasa heran dan panik.

Lalu menarik tali, tetapi korban sudah tidak ditemukan dengan tali yang sudah mengendur. Rio meminta bantuan temannya, namun belum membuahkan hasil.

Pukul 17.15 Wib, Empat orang dari pihak keluarga menyusul untuk melakukan pencarian hingga pukul 19.30 Wib namun juga belum membuahkan hasil.

“Tim Satgas Rescue Damkartan Kota Jambi menurunkan Personil 5 (orang), Dipimpin Muamar (Dampos Air), dengan menggunakan Speedboat, Pelampung dan Peralatan Scuba,” Ungkap Mustari Affandi.

Mustari Affandi, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota (Damkartan) Jambi, bahkan terlihat juga turut bergabung, dalam proses pencarian korban.

Operasi Pencarian dipimpin langsung oleh kadis damkar dan penyelamatan Kota Jambi Mustari Affandi, AP.ME
Dengan menyisir dari tempat kejadian perkara niaso sampai pelabuhan talang duku

“Kami membantu pencarian bersama Warga, Tim Basarnas dan Polairud Polda Jambi menggunakan Speedboad di sepanjang Sungai Batanghari (Niaso),” Tandasnya menambahkan. (*/HN).

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

60 − 56 =